Ayo Ikut GISA, Bikin E-KTP Sehari Langsung Jadi


KORDANEWS – Sebagai upaya untuk mendorong agar masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, Dirjen Kependudukan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh melaunching Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), bertempat di Gedung Serbaguna Asrama Haji, Rabu (11/7).

Menurut Zudan, bahwa identitas kependudukan itu adalah hal penting yang harus dimiliki masyarakat, sebagai warga negara Republik Indonesia. Dimulai dari akte kelahiran bagi yang anak baru lahir, hingga yang meninggal dunia, harus memiliki akte kematian.

“Anak yang sudah masuk umur tujuh belas tahun dibuatkan KTP-EL, dan dari semua inilah kita bungkus menjadi gerakan Indonesia sadar admin induk atau yang disingkat GISA. Tujuan dari gerakan tersebut adalah Pemerintahan menginginkan dan mendorong agar semua masyarakat dokumen kependudukannya lengkap, “katanya.

Jika masyarakat telah memiliki semua dokumen kependudukan yang lengkap, tidak akan ada lagi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ganda, sehingga masyarakat hanya memiliki dokumen kependudukan yang terdata di Dukcapil satu NIK.

“Kita menuju single indentiti number, atau nomor induk kependudukan tunggal, jadi satu penduduk hanya boleh memiliki satu NIK satu identitas, tidak boleh lagi penduduk Indonesia memiliki dua NIK, dua KTP Elektronik, dua KK itu tidak boleh lagi, jadi hanya dibolehkan hanyalah penduduk pindah penduduk tetapi NIKnya tetap, “ujarnya.

Apalagi Zudan mengungkapkan, sudah kurang lebih 1.000 lembaga yang ada di Indonesia telah melakukan kerjasama yang terintegrasi untuk menggunakan data Dukcapil. Oleh sebab itu pihaknya akan terus mendorong program tersebut, sehingga didalam semua layanan yang memerlukan dokumen indentitas, hanya menyebutkan NIK.

“Hal ini juga termasuk untuk penanganan terorisme, agar pihak berwajib dapat menemukan tersangka dengan cepat hanya menggunakan NIKnya saja,” ungkapnya.

Baca Juga :   Hari Ini, Sidang Perdana Setya Novanto

Selain launching GISA, juga dibuka pelayanan Adminduk untuk memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan terutama identitas KTP-el. Layanan Adminduk melibatkan 17 Dinas Dukcapil kabupaten/kota se-Sumsel dan akan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 11 sampai 13 Juli 2018 pada pukul 08.00 sampai 16.00 di Asrama Haji Palembang. (Ab)

Editor: Janu

e-KTP KTP elektronik

Posting Terkait

Tinggalkan pesan