Home Sport Belgia Tumbang, Prancis Ke Final

Belgia Tumbang, Prancis Ke Final

KORDANEWS – Timanas Prancis dipastikan lolos ke final Piala Dunia Rusia 2018 usai menumbangkan Belgia dibabak Semifinal dengan skor tipis 1-0 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB.

Bek Samuel Umtiti menjadi pahlawan kemenangan Prancis lewat gol sundulan di awal babak kedua. Sundulan Umtiti membawa Prancis lolos ke final Piala Dunia untuk kali ketiga.

Pertandingan babak pertamaberlangsung menarik. Belgia melakukan penguasaan bola lebih banyak, tapi Prancis tetap mampu mengancam lewat serangan balik.

Prancis mendapat dua peluang emas untuk mencetak gol. Tapi, peluang Olivier Giroud pada menit ke-34 dan Benjamin Pavard menit ke-39 gagal membuahkan gol karena penyelesaian akhir yang buruk. Skor kacamata bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua Prancis sukses memanfaatkan situasi bola mati untuk mencetak gol pada menit ke-51. Berawal dari sepak pojok Antoine Griezmann, Samuel Umtiti berhasil mengalahkan Marouane Fellaini dalam duel udara dan menggetarkan gawang Thibaut Courtois.

Tertinggal satu gol membuat Belgia lebih agresif dalam membangun serangan. The Red Devils hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-65 melalui sundulan Fellaini. Menerim umpan silang Dries Mertens, Fellaini mengalahkan Paul Pogba dalam duel udara, tapi sundulannya masih tipis di sisi kiri gawang.

Pelatih Belgia Roberto Martinez merespons ketinggalan dengan memasukkan dua pemain yang bertipe lebih menyerang, yakni Dries Mertens dan Yannick Carrasco. Dua pemain yang ditarik keluar adalah Moussa Dembele dan Fellaini.

Usaha itu membuat Belgia sukses mengurung pertahanan Prancis. Tapi, Prancis sukses menunjukkan pertahanan yang solid. Bahkan Pogba beberapa kali terlihat lebih bermain sebagai bek tengah daripada gelandang.

Di antara serangan Belgia, Prancis hampir mencetak gol kedua pada menit ke-90+3. Tapi, tendangan mendatar Griezmann ke pojok kanan gawang berhasil ditangkap Courtois. Kiper Chelsea itu juga berhasil menepis tendangan Corentin Tolisso pada menit ke-90+5.

Enam menit waktu tambahan yang diberikan wasit tidak mampu dimanfaatkan Belgia untuk mencetak gol penyeimbang. Skor 1-0 untuk Prancis bertahan hingga akhir laga.

Ini adalah kali ketiga Prancis lolos ke babak final Piala Dunia setelah pada 1998 dan 2006. Pada babak final di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7), Prancis akan bertemu pemenang antara Kroasia vs Inggris. (net)

Susunan pemain

Timnas Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N’Golo Kante; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso, 86′); Olivier Giroud (Steven Nzonzi, 85′).

Timnas Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Mousa Dembele (Dries Mertens, 60′), Marouane Fellaini (Yannick Carrasco, 80′), Axel Witsel, Nacer Chadli; Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Eden Hazard.

editor : lintang

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here