Home Nusantara Jubir Istana Johan Budi Ikut Nyaleg dari PDIP

Jubir Istana Johan Budi Ikut Nyaleg dari PDIP

KORDANEWS – Pendaftaran calon legislatif (caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diwarnai kejutan. Kali ini juru bicara Presiden, Johan Budi turut didaftarkan.

Kabar tersebut telah dibenarkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto. Menurutnya Johan akan bertarung di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur.

“Kami mencalonkan Johan Budi, kami mencalonkan dari Jatim,” ujar Hasto di Kantor KPU Pusat Menteng, Jakarta Pusat dilansir dari Jawapos.com, Selasa (17/7).

Hasto menuturkan, terjaringnya Johan sebagai caleg karena keinginan bersama kedua belah pihak. Setelah dibicarakan kedua sepakat untuk menjalin kerjasama.

“Johan Budi itu sama-sama seperti antara 2 orang yang mau salaman, bergerak bersama ada panggilan,” lanjut Hasto.

Sementara itu di tempat lain, Menteri Sekretariat Negara (Mensekneg) Pramono Anung mengatakan jika Johan telah meminta restu dari Presiden untuk maju sebagai caleg. Menurutnya, koleganya itu akan melengkapi kebutuhan partai.

“Pak Johan Budi Telah meminta izin dari bapak Presiden dan bapak Presiden telah memberikan izin. Kenapa kemudian presiden izinkan? Karena kebutuhan baik partai dan oleh pak Johan Budi sendiri,” kata Pramono.
Lebih lanjut Pramono mengatakan, keputusan Johan menjadi caleg setelah mendapat tawaran dari PDIP. Kedekatan Johan dan partai berlambang banteng itu terjadi sejak ia menjadi juru bicara presiden.

“Bukan Johan Budi yang ajukan, tapi ada tawaran. Memang Johan Budi punya kedekatan setelah jadi Jubir (Presiden) bukan sejak di KPK,” tandasnya

Sementara itu, menanggapi namanya ikut didaftarkan sebagai caleg dari PDI-P, Johan Budi membenarkan dirinya menjadi caleg dari PDIP. Johan Budi bakal ditempatkan di Dapil VII Jawa Timur.

“Memang benar, saya menjadi Calon Legislatif dari PDIP,” ujar Johan Budi kepada JawaPos.com, Selasa (17/7).

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini juga menambahkan, keputusan ini saya ambil setelah melakukan evaluasi terhadap tugas dan pekerjaan dirinya saat ini. Terlebih setelah selama enam bulan terakhir dirinya melakukan perenungan.

“Serta juga sudah berdiskusi dengan keluarga, saya memutuskan untuk beralih dalam ladang pengabdian yang berbeda yaitu melalui jalur politik,” katanya.

Johan melanjutkan, saat dalam perenungan tersebut, beberapa waktu yang lalu dirinya ditawari menjadi calon legislatif oleh PDIP. Tawaran ini akhirnya diterima dengan pertimbangan agar lebih bisa berkiprah dan berbuat lebih banyak buat negara jika menjadi anggota DPR.

“PDIP menjadi pilihan saya karena saya menganggap PDIP adalah partai yang lebih banyak menyentuh dan bicara tentang rakyat kecil,” ungkapnya.

Selain itu, selama ini Johan budi juga melihat konsep yang digagas oleh PDIP sangatlah bagus. Konsep itu adalah tentang negara kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila serta paham nasionalis religius yang selama ini diusung.

“Nah itu sesuai dengan prinsip saya dalam bernegara,” pungkasnya.(net)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here