Home Headline Pencairan Alokasi Dana Desa 2016 Tersisa 60 Persen

Pencairan Alokasi Dana Desa 2016 Tersisa 60 Persen

KORDANEWS— Dana desa di Sumatera Selatan tahap kedua sekitar Rp. 712 Milyar telah diterima dan di distribusikan oleh lebih dari 2000 desa di Sumatera Selatan. Pencairan alokasi dana desa tahun 2016 tersisa 40% dan telah masuk ke rekening kas desa sejak bulan November 2016, setelah rampungnya laporan penggunaan dana desa tahap I.
Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan dan Pedesaan Sumatera Selatan Yusnin, dengan sudah  diterimanya dana desa tahap II maka pelaksanaan kegiatan yang telah sebagian dilakukan dapat segera dirampungkan.
Yusnin menjelaskan, pada prinsipnya seluruh kegiatan fisik di desa sudah hampir selesai dan diharapkan pada pekan kedua bulan ini seluruh kegiatan serta laporan keuangan secara keseluruhan sudah selesai dilaksanakan.
“Ini kan sudah tahap II, artinya pembangunan paling tidak sudah 60% berjalan atau bahkan mungkin lebih. Kita berharap semuanya selesai pertengahan Desember.” Ujar Yusnin.
Diungkapkan Yusnin, bahwa sebagian besar dana desa pada tahun 2016  dialokasikan untuk pembangunan fisik, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa. Sementara untuk hasil pelaksanaan kegiatan baru akan diketahui setelah seluruh kegiatan tahun anggaran 2016 rampung.
“Kita belum dapat laporan hasil pembangunan fisik. Untuk data lebih rinci itu dimiliki oleh Pemerintah Kabupate Kota.” Jelas Yusnin.
Tambahnya Dana Alokasi desa dari Pemerintah Pusat untuk Sumatera Selatan tahun 2016 mencapai Rp. 1,7 trilyun dan naik sekitar 50% pada tahun 2018 dengan total anggaran mencapai labih dari Rp. 2,2 trilyun.
EDITOR : AWAN
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here