Home Sosok Guardiola Sebut Man City Lebih Hebat dari Liverpool, MU, Chelsea, dan Arsenal

Guardiola Sebut Man City Lebih Hebat dari Liverpool, MU, Chelsea, dan Arsenal

Manchester City manager Pep Guardiola (right) with player Sergio Aguero after being substituted off during the Premier League match at Anfield, Liverpool. (Photo by Peter Byrne/PA Images via Getty Images)

KORDANEWS – Manchester City membuat sejarah ketika mengalahkan Aston Villa 2-1 untuk menjuarai Carabao Cup 2019/20, Minggu (1/3/2020). Josep Guardiola tahu timnya begitu dominan di kompetisi domestik.

Betapa tidak, trofi Carabao Cup kali ini melengkapi hattrick juara Man City di kompetisi tersebut. Tiga musim terakhir, tidak ada yang bisa merebut trofi bergengsi itu dari tangan Guardiola dan timnya.

Selain tiga trofi Piala Liga itu, Guardiola pun telah menuntun Man City meraih dua gelar Premier League, satu FA Cup, dan dua Community Shields. Artinya, ada delapan trofi domestik yang diraih Man City sejak ditangani Guardiola — dengan pengecualian trofi FA Cup 2017/18.

Delapan dari Sembilan
Guardiola tahu torehan itu spesial, meski tanpa Liga Champions. Man City sangat dominan di Liga Inggris dalam tiga musim terakhir, dua kali juara Premier League beruntun plus tiga kali juara Carabao Cup beruntun sudah cukup jadi bukti.

“Sejak kami mulai juara, dari sembilan kompetisi domestik terakhir yang kami mainkan, kami menjuarai delapan di antaranya,” ujar Guardiola kepada BBC.

“Itu luar biasa. Sebelumnya tidak ada klub dalam sejarah kompetisi domestik, tanpa menghitung kompetisi Eropa, yang telah meraih jumlah gelar beruntun sebanyak kami.”

Lebih Hebat?
Bagi Guardiola, keberhasilan Man City ini sudah menunjukkan konsistensi dan kerja keras mereka. Bahkan tim-tim terkuat dalam sejarah sepak bola Inggris tidak bisa menjaga dominasi domestik seperti Man City sekarang.

“Bahkan Liverpool terkuat di era 80-an tidak bisa melakukannya, Manchester United bersama Sir Alex Ferguson, atau Jose Mourinho [Chelsea], atau Arsene Wenger [Arsenal],” sambung Pep.

“Klub-klub itu luar biasa, tapi mereka tidak bisa meraih sembilan gelar juara beruntun, delapan di antaranya domestik.”

Sulit Diulangi
Memang Guardiola menghitung Community Shield yang merupakan duel sebelum musim benar-benar dimulai, tapi tetap saja pertandingan itu sulit karena mempertemukan dua tim terkuat musim sebelumnya dalam kondisi belum ideal.

“Saya kira luar biasa, meraih delapan trofi dari sembilan edisi terakhir. Dan bakal sulit bagi siapa pun untuk melakukannya lagi, tidak hanya kami, tapi lawan-lawan kami,” tutup Guardiola.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here