Home Headline Sebelum Masuk Kantor, Pemkot Palembang Wajibkan Pegawai Masuki Bilik Sterilisasi

Sebelum Masuk Kantor, Pemkot Palembang Wajibkan Pegawai Masuki Bilik Sterilisasi

KORDANEWS – Mulai hari ini, tepatnya tanggal 26 Maret 2020 seluruh pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Palembang diwajibkan untuk memasuki bilik sterilisasi atau sterilization chamber yang sekarang telah terpasang di depan bangunan utama gedung Walikota Palembang di Jalan Merdeka dan dihalaman parkir pemkot.

Pemerintah Kota Palembang, berencana memperbanyak bilik sterilisasi untuk di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palembang guna penyemprotan cairan disenfektan untuk pencegahan Virus Corona yang sudah mewabah secara global di seluruh dunia ini.

Hal ini disampaikan H. Harnojoyo “Kita ingin perbanyak bilik sterilisasi ini disetiap OPD, dan kita sangat menyambut bilik sterilisasi yang dirancang PU Perumahan Rakyat (PU PR) ini,” ungkapnya usai melalui bilik sterilisasi sebelum masuk ke gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang.

Iapun menambahkan, bilik sterilisasi ini akan sangat manjur sebagai pencegahan Covid-19, jika pihak swasta, bank, mall menerapkan hal yang serupa.

Dikatakannya, bilik sterilisasi yang dijaga petugas khusus ini, juga harus melengkapi alat thermal suhu, sehingga usai melintasi bilik yang dibungkus mengunakan plastik transparan ini, orang yang usai melintas juga dapat deteksi suhu badannya dan yang kita inginkan Kota  Palembang ini aman, untuk itulah pencegahan ini sangat perlu dilakukan.

Selain itu juga, pada waktu yang sama di halaman parkir Pemkot Palembang, Harnojoyo, menerim biang cairan disinfektan yang diberikan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sumatera Selatan.

Lebih lanjut dikatakannya, kita juga mendapatkan bantuan Disinfektan dari Perhimpunan Dokter Hewan indonesia untuk dibagikan ke warga Palembang, satu botol ukuran kecil bisa dicampur air sebanyak 200 liter air.

Pada kesempatan itu juga Ahmad Bastari selaku Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, menyampaikan, saat ini sudah membuat desinfektan chamber atau bilik sterilisasi yang akan ditempatkan di kantor-kantor Pemerintahan di lingkungan Pemkot Palembang.

“Sekarang baru ada 5 bilik sterilisasi yang sudah selesai dirancang, yaa salah satunya dua bilik sterilisasi yang kita pasang di gedung Pemkot Palembang,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk pembuatan bilik sterilisasi ini, sendiri, sangat mudah dan murah, satu bilik hanya butuh biaya Rp. 5 juta.

“Kami juga siap memberikan pendampingan bagi pihak Swasta, BUMN, BUMD dan pihak lainnya yang ingin membuat bilik sterilisasi ini,” tutupnya. (eh)

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here