Home Peristiwa 1 Syawal 1441 H Ditetapkan Ahad 24 Mei 2020

1 Syawal 1441 H Ditetapkan Ahad 24 Mei 2020

KORDANEWS — Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal dalam rangka penetapan Hari Raya Idul Fitri 1441H/2020 M.

Kakanwil Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi mengatakan pada pukul 17.57 WIB saat terbenamnya matahari di Palembang, sesuai arahan dari Menteri Agama pihaknya melakukan rukyatul hilal untuk mendukung penetapan 1 Syawal 1441 H.

“Lantaran tertutup awan, hilal tidak dapat dirukyat di Palembang. Selain itu, berdasarkan perhitungan atau hisab, hilal memang masih di bawah ufuk mar’i, tepatnya minus 3 derajat 51 menit 2 detik, sehingga tidak mungkin dapat dirukyat, “ujarnya, Jumat (25/5).

Dengan begitu, diperkirakan 1 Syawal 1441 H jatuh di hari Ahad 24 Mei 2020 dan besok umat Islam masih berpuasa tahun ini genap 30 hari.

“Oleh karena hilal masih di bawah ufuk. Namun untuk kepastiannya, kita menunggu hasil sidang isbat di Jakarta,” tutur Fajri.

Namun pihaknya akan tetap memberikan hasil pemantauan hilal kepada Kemenag RI melalui Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah guna menjadi bahan pada sidang isbat di Jakarta.

Selain itu, dirinya menjelaskan jika pelaksanaan rukyatul hilal berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19.

“Jika tahun lalu, siapa saja boleh menyaksikan kegiatan rukyatul hilal namun sekarang dibatasi maksimal 10 orang serta menyesuaikan dengan prosedur protokol kesehatan dan senantiasa menjaga jarak,” beber Fajri.

Selama pelaksanaan rukyatul hilal, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian diantaranya salat hajat mohon keselamatan dan kelancaran.

“Satu instrumen baik theodolite, teleskop, maupun kamera rukyat, hanya untuk satu orang. Para peserta rukyat dilarang berkerumun di sekitar peralatan rukyat, dan terakhir bagi yang merasa kurang sehat tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan rukyat,”tutupnya. (Ab)

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here