Home Budaya Jangan Update Aplikasi Zoom Sekarang Atau Tak Bisa Pakai

Jangan Update Aplikasi Zoom Sekarang Atau Tak Bisa Pakai

KORDANEWS – Bagi kamu yang install aplikasi Zoom di ponsel segera update (mutakhirkan) ke versi terbaru, jika tidak aplikasi ini tidak akan bisa dipakai mulai 30 Juni 2020.

Alasannya, mulai besok mereka yang ingin bergabung dalam rapat online harus menggunakan aplikasi Zoom versi 5.0 atau lebih tinggi. Update ini sudah digulirkan pada April lalu.

Zoom versi 5.0 ini menggunakan fitur keamanan encryption protokol baru Galois/Counter Mode (GCM). “Mulai 30 Mei, Zoom tak akan mengizinkan akun yang tidak menggunakan enkripsi GCM,” ujar Zoom seperti dilansir dari Gadget 360, Jumat (29/5/2020).

Enkripsi GCM adalah algoritma untuk enkripsi data terotentikasi yang memberikan jaminan keaslian data rahasia. Pada dasarnya, enkripsi GCM menyediakan lapisan perlindungan untuk data pengguna dan ketahanan terhadap gangguan.

Dengan fitur keamanan baru ini, hacker akan semakin sullit dan membutuhkan waktu lama untuk meretas rapat online.

Zoom merupakan salah satu aplikasi rapat online yang paling populer di tengah pandemi virus corona Covid-19. Perusahaan melaporkan ada 300 juta pengguna aplikasi ini sekarang.

Namun, Zoom kemudian banyak disorot karena masalah keamanan terutama adanya aksi Zoombombing di mana hacker bisa bergabung dan mengacaukan rapat. CEO Zoom Eric Yuan berjanji untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam 90 hari.(DBS)

Editor: John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here