Home Kriminal Turki Perintahkan Penahanan 17 Orang Sambil Menunggu Persidangan Protes Kobane 2014

Turki Perintahkan Penahanan 17 Orang Sambil Menunggu Persidangan Protes Kobane 2014

KORDANEWS – Pengadilan Turki memerintahkan penahanan praperadilan terhadap 17 orang, termasuk anggota senior oposisi pro-Kurdi, atas peran mereka dalam protes kekerasan terhadap kelambanan tentara selama serangan ISIL (ISIS) di kota Kurdi Suriah, Kobane.

Para pengunjuk rasa di Turki tenggara yang sebagian besar orang Kurdi menuduh tentara Turki berdiri saat anggota kelompok bersenjata ISIL mengepung Kobane di seberang perbatasan Suriah pada Oktober 2014. Protes tersebut menyebabkan kematian 37 orang.

Selain memerintahkan penangkapan resmi terhadap 17 orang pada hari Jumat, pengadilan Ankara membebaskan tiga tahanan lainnya yang tunduk pada pengawasan yudisial, lapor kantor berita yang dikelola negara Anadolu. Sumber partai mengatakan hal yang sama. Mereka termasuk di antara 82 orang yang diperintahkan ditahan seminggu lalu.

Pihak berwenang Turki mengatakan kelompok bersenjata, Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa, menghasut protes dan bahwa Partai Demokrat Rakyat Kurdi (HDP) mendukung mereka. HDP, pihak terbesar ketiga, menyangkal kaitannya dengan terorisme.

Juga pada hari Jumat, Kementerian Dalam Negeri mengatakan walikota provinsi timur laut Kars, Ayhan Bilgen, yang termasuk di antara mereka yang ditahan, telah dicopot dari jabatannya dan digantikan oleh gubernur provinsi.

Pihak berwenang sekarang telah mencopot semua walikota provinsi HDP yang terpilih pada Maret tahun lalu. Partai tersebut saat ini memiliki enam kotamadya dan kabupaten, dibandingkan dengan 65 yang dimenangkannya tahun lalu.

Bilgen telah mengatakan dua hari lalu bahwa dia akan mengundurkan diri dari posisinya, dalam upaya nyata untuk mencegah Ankara menunjuk seorang pejabat sebagai penggantinya.

Dua legislator HDP telah dikeluarkan dari parlemen sejak pemilihan pada 2018 setelah dihukum atas tuduhan terorisme. Sebelas orang lainnya dikeluarkan pada istilah sebelumnya.

Mantan pemimpin HDP Selahattin Demirtas dan Figen Yuksekdag telah dipenjara sejak 2016 atas tuduhan terkait protes Kobane.

Lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik tersebut sejak PKK angkat senjata melawan negara pada tahun 1984.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here