Home Sumsel Klaster Perkantoran Penyumbang Terbanyak Kasus Positif COVID-19 di Sumsel

Klaster Perkantoran Penyumbang Terbanyak Kasus Positif COVID-19 di Sumsel

KORDANEWS — Hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19  di Sumatera Selatan tercatat 9.023 orang, atau 80 persen pasien yang terpapar tanpa gejala.

Dari data tersebut penyumbang klaster yakni klaster perkantoran dan keluarga dengan usia terbanyak mulai dari 20 hingga 44 tahun.

Kasi Survei dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri mengatakan, penambahan kasus positif terbaru sebanyak 53 kasus, pasien sembuh 7.330 orang dan pasien meninggal 484 orang. Pasien yang positif maupun yang meninggal ada riwayat penyakit seperti hipertensi dan diabetes.

Ahli Epidemiologi Sumsel, Iche Andriany Liberty mengatakan, penanganan COVID-19 di Palembang termasuk cukup baik, pelayanan kesehatan di instansi medis baik itu di rumah sakit maupun puskesmas sudah bisa mencapai target penelusuran kasus atau tracing yang tinggi.

“Penanganan COVID-19 di Sumsel capai 24,32 persen jika dilihat dari positif. Resiko masih berada di level sedang, meski dalam beberapa hari terakhir jumlah pasien positif terus mengalami penambahan,” katanya.

Andriany bilang, kasus positif di Kota Palembang meningkat karena masih ada masyarakat yang menganggap remeh penyebaran COVID-19 sehingga kesadaran terhadap protokol kesehatan sudah kendor.

“Jika protokol kesehatan dijalani dengan disiplin maka kasus aktif akan bisa berkurang lebih cepat,” katanya

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here