Home Headline Jaksa Kembali Tetapkan Tersangka Baru Korupsi Pagar Makam Di Pagaralam

Jaksa Kembali Tetapkan Tersangka Baru Korupsi Pagar Makam Di Pagaralam

KORDANEWS – PAGARALAM – Kejaksaan Negeri Kota Pagar Alam, kembali menahan tersangka baru, tindak lanjut kasus dugaan korupsi di Dinas Sosial Kota Pagar Alam, dalam paket pengerjaan pembangunan pagar makam.

Sebelumnya, Kejari Pagar Alam telah dulu melakukan penahan terhadap mantan Kepala Dinas Sosial Kota Pagar Alam H Sukman, dan Dolly Harven sebagai PPTK pada 29 Juni 2020. Selanjutnya, kembali dilakukan penahanan terhadap inisial F sebagai konsultan perencana, inisial K dan T sebagai kontraktor pada 21 Juli 2020.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pagar Alam, M Zuhri didampingi Kasi Pidsus Hendra Catur Putra dan Kasi Datun M Fajar Dian Prawitama mengatakan, sebenarnya akan menahan 4 tersangka yang bertindak sebagai pelaksana proyek pagar makam, namun ada 2 orang yang mangkir dari pemanggilan.

“Jadi kami menahan selama 20 hari kedepan, 2 tersangka JL dan GB. Penahanan tersangka berdasarkan hasil audit BPKP Provinsi Sumsel. Dalam pengerjaanya, telah merugikan Negara Rp 116 juta, dan tersangka JL telah merugikan Negara sebesar Rp 112 juta. Saat ini 2 tersangka kita titipkan di Rutan Pagar Alam, atas dugaan korupsi pada pengerjaan paket pembangunan pagar makam,” terang M Zuhri dihadapan awak media.

Lanjut Zuhri, pelaksanaan pembangunan pagar makam menggunakan dana APBD Kota Pagar Alam tahun 2017 sebesar Rp 7 Milyar. Dari pembangunan ini, kerugian Negara sebesar Rp 697.494.937.68. Dari sebanyak 43 paket pembangunan, terdapat 18 paket berpotensi merugikan Negara. Sedangkan 2 tersangka lagi mangkir dari pemanggilan. Selanjutnya, Kejari kembali akan melakukan pemanggilan. “Bila tetap manggir, maka akan kami beri tindakan penangkapan,” tegasnya.

 

Editor : Adm.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here