Home Headline Bronjong Penahan Abrasi Sungai Ambruk Ancam Pemukiman Warga Di OKU Selatan

Bronjong Penahan Abrasi Sungai Ambruk Ancam Pemukiman Warga Di OKU Selatan

 

Kordanews.com, MUARADUA – Bronjong penahan abrasi sungai yang ambruk di desa Muara Sindang Tengah, Kecamatan Sindang Danau, Kabupaten OKU Selatan mengancam pemukiman warga desa setempat.
Dari pantauan di lapangan, sedikitnya ada lima unit rumah yang persis di sisi atas bangunan bronjong  ambruk yang terancam longsor. Panjang bronjong penahan abrasi sungai yang ambruk diperkirakan 100 meter lebih dengan ketinggian sekitar 3 – 5 meter.
Menurut salah seorang warga  Rudi (44)  mengatakan jika ambruknya bronjong tersebut tejadi akibat banjir bandang yang terjadi pada awal bulan Februari lalu. “Kejadiannya awal Februari lalu. Terjadi banjir bandang disungai ini yang mengakibatkan sebagian bronjong penahan abrasi ini ambruk dan terseret arus sungai,” katanya.
Ambruknya bronjong yang dibangun dua tahun lalu tersebut, dikatakan Rudi tentu sangat mengancam pemukiman warga desa setempat, terutama yang berada persis di sisi atas bronjong. ” Ini jelas mengancam pemukiman kami. Selain itu jika terjadi hujan deras kami merasa was -was takut air sungai kembali membesar dan melongorkan kembali sisi sungai ini,” katanya.
Ia berharap kepada pihak terkait untuk segera menanggulangi ambruknya bronjong penahan abrasi yang ambruk di desa mereka. Karena jika dibiarkan longsor akan terus meluas dan mengacam prmukiman.” Harapan kami masyarakat segera di tanggulangi. Ini jelas mengancam dan membahayakan kami. Lihat saja tinggal beberapa meter saja ke pondasi rumah,” katanya.
Sementara itu, Kepala Desa Muara Sindang Tengah, Dedi Stanza, mengatakai jika pihaknya telah melaporkan peristiwa ambruknya bronjong penahan abrasi sungai tersebut ke pemerintah daerah setempat.
” Pasca kejadian telah kami laporkan ke kabupaten. Baik ke BPBD maupun Dinas PU dampak dari banjir bandang yang terjadi awal Februari lalu,” katanya.
Ditambahkannya, saat ini pihaknya menunggu langkah dari pemerintah untuk melakukan penanggulangan akibat dari banjir tersebut.”Yang sangat diharapkan masyarakat penaggulangan perbaikan bronjong yang ambruk ini. Karena tidak sedikit rumah yang terdampak jika longsor terus terjadi,” pungkasnya. (Cr-SB)
Editor : Adm.
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here