Home Health Inilah 5 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Inilah 5 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

KORDANNEW – Masker kopi dipercaya memiliki khasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak awet muda. Beberapa merek produk perawatan kulit bahkan turut menambahkan ekstrak kopi ke dalam produk mereka. Selain itu, masker kopi juga memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan kulit wajah.

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat diolah menjadi masker yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Dikutip Alodokter.com,masker kopi dapat dibuat dengan cara memadukan bubuk kopi dengan bahan pelarut seperti minyak zaitun, kemudian dioleskan ke permukaan kulit wajah selama beberapa menit.

Nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam masker kopi akan menyerap ke dalam kulit, sehingga mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, serta melembutkan dan mencerahkan kulit.

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah
Berbagai bahan alami dapat digunakan sebagai campuran kopi dalam pembuatan masker, mulai dari buah, sayur, hingga biji-bijian. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi kaya akan kandungan antioksidan alami yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker kopi bagi kesehatan kulit wajah:

1. Membuat wajah tampak awet muda
Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih, tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul.

Antioksidan juga mampu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap terasa kencang. Selain itu, kandungan kafein dalam bubuk kopi juga dapat membuat kulit lebih kencang dan menyamarkan mata panda.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit tetap terlindungi.

3. Menenangkan kulit wajah
Kopi memang dapat memberikan efek stimulasi bagi tubuh saat dikonsumsi. Namun, saat dijadikan sebagai masker kopi, kandungan antioksidannya mampu menenangkan kulit wajah sehingga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

4. Merawat kulit berjerawat
Kopi memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat merawat kulit berjerawat. Selain itu, antioksidan dalam kopi juga dipercaya dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas masker kopi dalam merawat kulit berjerawat.

5. Mengangkat sel kulit mati
Masker kopi juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit.

Hal ini membuat masker kopi baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar.

Manfaat masker kopi untuk kulit wajah lainnya adalah melembutkan dan menghaluskan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Namun, manfaat masker kopi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here