Home Health Kebutuhan Oksigen di Sumsel Alami Peningkatan

Kebutuhan Oksigen di Sumsel Alami Peningkatan

Kordanews – Dalam dua pekan terkahir kebutuhan oksigen di Sumatera Selatan mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Sunmsel sebelumnya mencapai 12 hingga 15 ton perhari kini menjadi dua kali lipat.

Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini mengatakan peningkatan oksigen akibat meningkatnya kasus COVID-19 di Sumsel ditambah lagi ketika pasien komorbit yang dirawat otomatis membutuhkan oksigen yang banyak.

“Bahkan naiknya permintaan oksigen untuk Sumsel, sudah diakui PT Ligasin dan PT Samator dari beberapa rumah sakit di Sumsel, ” kata dia.

Saat ini ada empat perusahaan yang memproduksi oksigen yakni, PT Ligasin, PT Samator, PT Pupuk Sriwidjaja dan PT OKI Pulp. Ke empat perushaan besar tersebut menghasilkan oksigen mencapai 100 ton per hari.

Namun lesty mengungkapkan 100 ton oksigen tesebut dengan kebutuhan satu pasien mencapai satu tabung yang memiliki sekitar enam kubik per hari.

“Bisa jadi kalau pasien terus naik kebutuhan oksigen kita juga akan meningkat,” jelas dia.

Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar dapat mencegah penularan lebih tinggi.

“Yang lebih penting bagi masyarakat ada komorbit akan lebih baik untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan mengkonsumsi makanan bergizi serta vitamin mencegah penularan COVID-19, ” jelas dia.

Editor : Admin.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here