Home Nusantara Ketahui Penyebab Hidung Sering Tersumbat Saat Musim Hujan

Ketahui Penyebab Hidung Sering Tersumbat Saat Musim Hujan

KORDANWES – Cuaca merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Contohnya saat musim hujan, tidak jarang gangguan kesehatan bisa lebih mudah menyerang. Salah satu gangguan yang mungkin sering Anda alami adalah hidung tersumbat. Mari kita cari tahu penyebab hidung tersumbat yang sering muncul akibat cuaca dingin ini, beserta cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Hubungan antara hidung tersumbat dan musim hujan
Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang bisa memicu iritasi atau radang pada jaringan dalam hidung. Kondisi seperti sinusitis serta alergi merupakan salah satu penyebab dari hidung tersumbat.

alergi saat dewasa

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, terdapat tiga kondisi kesehatan yang lebih sering kambuh saat musim hujan tiba. Salah satunya adalah alergi. Reaksi alergi yang muncul akibat hujan adalah alergi rhinitis (hay fever), lebih spesifiknya yaitu alergi terhadap serbuk sari atau jamur.

Sebenarnya hujan pada mulanya bisa mengurangi jumlah serbuk sari yang melayang di udara. Akan tetapi, setelah beberapa hari tanaman akan mulai tumbuh lebih subur dan kemudian memproduksi serbuk sari dalam jumlah yang lebih tinggi.

Alergi rhinitis ini memiliki beberapa jenis gejala, salah satunya hidung tersumbat. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap alergi rhinitis dan cuaca sedang sering hujan, maka kemungkinan besar reaksi alergi seperti hidung tersumbat akan sering terjadi.

Selain serbuk sari, jamur juga cenderung lebih aktif dan tumbuh subur ketika musim hujan. Selain alergi serbuk sari, pengidap alergi jamur pun kemungkinan akan mengalami reaksi alergi. Salah satunya adalah hidung tersumbat.

sinusitis adalah
Jika Anda mengalami hidung tersumbat dan batuk lebih dari 10-14 hari atau menjadi lebih parah setelah 7-10 hari, mungkin kondisi yang dialami adalah sinusitis.

Sinus sendiri merupakan rongga kosong yang terdapat pada tulang pipi, sekitar mata, dan di belakang mata. Fungsi dari sinus adalah untuk menjaga kehangatan sekaligus kelembapan dan menyaring udara pada rongga hidung.

Lalu apa hubungannya dengan musim hujan? Menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, pengidap alergi rhinitis berisiko mengalami sinusitis, karena alergi menyebabkan pembengkakan pada sinus dan lapisan dalam hidung.

Oleh karena itu sinusitis dan hidung tersumbat pun berpotensi lebih sering dialami di musim hujan. Namun, gejala sinusitis juga bisa dipicu oleh reaksi alergi, antara lain terhadap serbuk sari dan jamur seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Persiapan untuk hadapi hidung tersumbat selama musim hujan
manfaat nasal spray powder

Hidung tersumbat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Anda perlu langkah perawatan untuk bantu meredakan kondisi ini.

Sebelum menemui dokter, Mayo Clinic menganjurkan Anda untuk mencoba hal berikut ini:

-Coba untuk menghirup dan menelan atau meniup dari hidung secara perlahan
-Hindari pemicu alergi (alergen) yang Anda miliki
-Jika hidung meler terus menerus, disertai bersin-bersin atau mata berair, kemungkinan besar gejala disebabkan oleh alergi dan Anda bisa -mengonsumsi antihistamin sesuai aturan pakai pada label atau setelah berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nasal spray atau obat semprot untuk hidung. Sama seperti obat lainnya, pastikan untuk mengetahui manfaat dan kandungan yang dimiliki nasal spray atau metode cuci hidung. Salah satu kandungan yang bisa bantu meredakan hidung tersumbat adalah oxymetazoline 0,05% .

Hidung tersumbat juga sebenarnya merupakan gejala dari flu. Kedua masalah kesehatan tersebut cukup sering terjadi pada musim hujan. Di sisi lain, jika Anda mengalami penyumbatan hidung tanpa mengalami sakit, bisa saja disebabkan oleh alergi atau sinusitis (yang terjadi akibat seringnya terjadi pembengkakan pada sinus).

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here