Home Headline Disdik Sumsel Meminta Agar Sekolah Tidak Memperbanyak Soal UN

Disdik Sumsel Meminta Agar Sekolah Tidak Memperbanyak Soal UN

ist

KORDANEWS  – Dinas Pendidikan Sumatera Selatan meminta pihak sekolah agar  tidak memperbanyak soal  UN kertas pensil (UNKP) jika mengalami kekurangan paket soal. Hal itu untuk menjaga agar tidak terjadi kecurangan dengan alasan bermodus kurang paket soal pada saat mejelang pelaksanaan UN.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo Mpd , jum’at (31/03/2017) mengatakan. setelah dilakukannya proses pendistribusian 1.183  koli paket koli soal kepada  17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel.telah disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, bahkan sebagai antisipasi  jumlah soal UNKP, setiap amplop naskah soal akan dilebihkan masing-masing satu lembar.

Menurut Widodo, nanti kalupun ditemukan ada kekurangan, panitia harus segera saja menggunakan paket soal cadangan yang sudah disediahkan penyelenggara ujian nasional.

“Satu sekolah akan menerima lebih kurang 6 amplop soal UNKP, tiap amplop ada tambahan satu lembar soal. Sehingga dipastikan, kebutuhan soal akan cukup dan sekolah tidak harus melakukan fotocopy lagi,” jelasnya.

Apabila nantinya ada kekurangan soal di salah satu lokasi ujian akibat rusak atau pun sejenisnya, maka sekolah melalui panitia bisa mengambil persedian soal yang ada. Namun, bila masih ada kekurangan, bisa mengambil soal dari amplop di kelas lainnya.

“Panitia harus cermat melihat kondisi, bila kekurangan soal yang banyak segera laporkan kepada pihak rayon agar bisa diberikan solusi seceparnya,” urainya

Lebih lanjut ia menegaskan lagi, tak hanya soal, Lembar Jawaban Komputer (LJK) pun, dilarang di fotokopi , mengingat sudah ada standar dari pemerintah dalam penggunaan LJK tersebut. Adanya kode yang disematkan pada kertas LJK membuatnya bisa diproses pada tahapan scanning.

“Jadi intinya perlu perhatian serius, LJK jangan sampai di fotokopi, sebab tidak akan bisa terbaca jika di scan nantinya,” ucapnya.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan Sumsel telah mendistribusikan paket koli soal dengan jumlah total 1.183 koli soal ujian nasional (UN), dan itu  terdiri dari 924 koli soal untuk SMA, 32 koli soal untuk SMK, 194 koli soal paket C, 30 koli soal susulan SMA dan 6 koli soal susulan SMK.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here