Home Health Kematian Akibat Rokok Capai 1:10

Kematian Akibat Rokok Capai 1:10

KORDANEWS- Menurut studi terbaru yang dipulikasi di jurnal The Lancet, sekitar satu dari 10 kematian yang terjadi di seluruh dunia bisa dilacak sumbernya karena rokok. Setengah dari kematian tersebut diketahui terjadi di empat negara yaitu China, India, Amerika Serikat, dan Rusia.

Peneliti mengatakan jumlah perokok di dunia terus meningkat meski berbagai upaya kontrol telah dilakukan. Hal ini kemungkinan karena memang ada pertumbuhan penduduk dan industri rokok terus gencar melakukan promosi kepada pasar baru.

“Meski bukti kuat bahwa tembakau memiliki efek berbahaya sudah ditemukan sejak setengah abad yang lalu, hari ini satu dari setiap empat orang di dunia adalah perokok,” ungkap salah satu peneliti Dr Emmanuela Gakidou seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/4/2017).

“Rokok masih menjadi faktor risiko terbesar kedua untuk kematian dan kecacatan. Oleh karena itu kita masih perlu lebih intens melakukan kontrol agar prevalensi merokok dan dampak negatifnya bisa berkurang,” lanjut Dr Emmanuela.

Dari 195 negara yang datanya dianalisa dalam studi, dalam 25 tahun terakhir Brazil disebut sebagai negara yang berhasil melakukan penurunan tingkat perokok secara drastis. Sekitar 29 persen populasi pria yang merokok kini tinggal hanya 12 persen sementara pada wanita angkanya dari 19 persen menjadi delapan persen.
Banglades, Filipina, dan Indonesia disebut di dalam studi sebagai negara yang tidak ada perbaikan berarti.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here