Home Sumsel Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pj Gubernur Agus Fatoni Gelar Rapat Penanggulangan Bencana

Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pj Gubernur Agus Fatoni Gelar Rapat Penanggulangan Bencana

Kordanews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati dan Pj Walikota Palembang Ratu Dew menggelar Rapat Atensi Penanggulangan Bencana Tahun 2024. Rapat ini diselenggarakan di Ruang Rapat Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/1/2024).

Melalui kesempatan ini, Fatoni mengajak masyarakat untuk berpatisipasi dalam penanganan banjir, terutama pada musim penghujan. Kini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait telah berkoordinasi juga bergerak bersama mengantisipasi banjir.

“Kita harus lakukan antisipasi sebelum terjadi banjir, kebetulan kita juga sudah Apel Kesiapsiagaan Personil dan peralatan. Bagi para korban bencana, perlu  dilakukan  pendampingan secara fisik termasuk trauma center,” kata Fatoni.

Fatoni secara khusus meminta Kepala Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Muhammad Iqbal Alisyahbana segera mengundang Kabupaten/kota dalam penanggulangan bencana.

“Banjir perlu penanganan terpadu, pak Wali sudah sangat serius sekali dan tentu provinsi akan mendukung. Kalau di kabupaten-kabupaten lain kita melakukan kegiatan itu dari jauh-jauh hari sebelum terjadinya bencana,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati menyebut bencana tahunan di Sumsel terdiri dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), banjir dan tanah longsor. Kota Palembang sendiri biasanya hanya mengalami banjir dan terdampak asap jika terjadi bencana karhutla.

“Jadi menurut saya perlu sharing dengan kabupaten yang rawan dengan bencana seperti OKI, kalau Kota Pagar Alam biasanya terjadi longsor dan baru-baru ini gunung dempo aktif,” ucapnya.

Masih di lokasi yang sama Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan kunci sukses penanggulangan bencana harus dilakukan secara terpadu.

“Betul seperti kata Pak Pj Gubernur Agus Fatoni  bahwa menanggulangi semua itu adalah kata kuncinya terpadu sebab dengan terpadu akan menjadi ringan semuanya,” ucap Ratu Dewa.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Kepala BPBD Sumsel Muhammad Iqbal Alisyahbana menegaskan dalam mengantisipasi banjir BPBD Sumsel sudah melaksanakan gladi kesiapsiagaan personil dan peralatan di Jakabaring Palembang yang dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Sumsel.

“Kita juga sudah melaksanakan gladi kesiapsiagaan di Ogan Ilir, selain itu kita juga mengaktivasi komando di Kantor BPBD ketika posko ini aktif semuanya bergerak,” pungkasnya.

 

Editor : Admin

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here