Home Health Manfaat Sehat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Sehat Buah Naga untuk Ibu Hamil

KORDANEWS – Pada masa kehamilan, ibu tak perlu melakukan diet khusus. Hal yang paling penting adalah mengonsumsi makanan untuk memenuhi gizi yang seimbang saat hamil, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buah seperti buah naga. Berikut adalah berbagai macam manfaat buah naga untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Kandungan gizi buah naga

Popularitas buah naga atau pitahaya ini tak kalah dengan jenis buah lainnya. Mempunyai bentuk yang unik, rasa dari buah naga ini tergolong manis dan menyegarkan.

Baik karena rasa maupun kandungan gizinya, buah naga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil. Apalagi, jika pada masa kehamilan ibu merasa bosan dengan buah yang itu-itu saja.

Ada dua jenis buah naga yang dapat ibu konsumsi, yaitu buah yang berwarna merah dan berwarna ungu. Keduanya mempunyai manfaat yang tak jauh berbeda untuk kesehatan tubuh ibu selama masa kehamilan.

Apalagi, buah naga mempunyai kandungan mineral serta vitamin yang cukup beragam. Di bawah ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil.

1. Menjaga keseimbangan tekanan darah
Buah naga mempunyai kandungan potassium atau kalium yang cukup tinggi. Perlu ibu ketahui bahwa kalium adalah salah satu jenis mineral yang Anda butuhkan.

Kalium dalam buah naga mempunyai manfaat untuk ibu hamil yaitu menjaga keseimbangan cairan sel tubuh. Tak hanya itu, kalium juga mempunyai peran untuk menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya hipertensi serta hipotensi pada ibu hamil.

Untuk itu, ibu perlu menghindari kondisi tekanan darah tinggi saat hamil karena bisa menjadi salah satu pertanda preeklampsia.

2. Menambah asupan serat
Serat adalah kandungan yang dapat membantu agar makanan yang ibu konsumsi dapat bergerak secara efisien. Serat juga bermanfaat untuk mengirimkan nutrisi ke organ tubuh lainnya.

Meski tak cukup tinggi, kandungan serat dalam buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil sehingga mencegah sembelit.

Penjelasan mengenai serat selama kehamilan juga terdapat dalam jurnal Pregnant Women Have Inadequate Fiber Intake While Consuming Fiber Rich Diets.

Asupan makanan dengan kandungan serat selama kehamilan juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, serta mencegah sembelit.

3. Imunitas terjaga
Terdapat senyawa antioksidan dalam buah naga, di antaranya adalah polifenol, karotenoid, serta betacyanin. Manfaat antioksidan dalam buah naga untuk ibu hamil adalah membantu tubuh dalam melawan infeksi serta melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas sehingga juga menurunkan risiko kemungkinan berat badan rendah saat lahir. Tambahan vitamin C pada buah naga juga dapat membantu menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh sehingga ibu tidak mudah sakit.

4. Mencegah komplikasi kehamilan
Ibu hamil membutuhkan asupan magnesium selama kehamilan karena magnesium bekerja sama dengan mineral dapat membantu mengendurkan dan mengencangkan otot.

Magnesium dalam buah naga dapat membantu memperkuat tulang dan gigi bayi, merangsang fungsi enzim, mengatur insulin, hingga mengontrol kada gula darah ibu hamil. Buah naga juga dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti pekembangan janin terhambat hingga kelahiran prematur.

editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here