Home Politik Musrenbang 2017 Sempurnakan RPJMD 2018

Musrenbang 2017 Sempurnakan RPJMD 2018

KORDANEWS – Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Prov Sumsel Tahun 2017 dalam rangka menyusun RKPD tahun 2018 diselenggarakan di Hotel Swarna Dwipa, Senin (17/4).

Kegiatan yang bertemakan, “Sumsel Sejahtera, Lebih Maju dan Berdaya Saing Internasional” dihadiri oleh Menteri Dalam Negerj Republik Indonesia (RI) Tjahjo Kumolo, Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin, 17 Bupati/Walikota Kabupaten Provinsi Suamtera Selatan, dan Kepala Satuan Kerja di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam Musrenbang kali ini, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, Direktur Pendanaan Pembangunan Bappenas RI, Direktur Pembangunan Keuangan Daerah Kementerian Keuangan RI menjadi narasumber dari pemerintah pusat.

Dalam kata sambutan Gubernur provinsi Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan penyelenggaraan Musrenbang RKPD merupakan satu rangkaian kegiatan penting dalam menyusun rencana kerja strategis di tahun 2018.

“Ini juga merupakan wujud partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan dalam proses perencanaan pembangunan agar lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” kata orang nomor satu di Sumsel ini.

Alex mengatakan ini merupakan tahun terakhir dalam pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) tahun 2018. Untuk itu, dengan adanya Musrenbang ini provinsi Sumsel dapat mewujudkan visi utama yakni sejahtera, lebih maju dan berdaya saing internasional.

“Secara garis besar ditahun 2016 capaian pertumbuhan ekonomi meningkat, program kuliah gratis juga realisasinya meningkat. Kita bersyukur karena Sumsel banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak baik dari dalam dan luar negeri,” ucap mantan bupati Muba ini.

Alex berharap, Sumsel dapat lebih bersinergi dan maju lagi apalagi ditahun 2018 Sumsel mendapat tugas negara menjadi tuan rumah Asian Games 2018. “Alhamdulillah Sumsel selama ini tidak pernah terjadi kerusuhan antara umat beragama, dan Insya Allah tidak akan pernah terjadi,” harapnya.

Sementara itu Menteri Luar dan Dalam Negeri Cahyo Kumolo, mengatakan untuk penyusunan RKPD, Bapenas, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus fokus terhadap program yang diselenggarakannya.

“Sehingga sinergitas yang dilakukan akan menentukan pola dan perencanaan pembanguan provinsi Sumsel, yang ujungnya mendukung agenda prioritas pembangunan nasional, “katanya saat membuka Musrenbang.

Lebih lanjut diungkapkan Kumolo, Kementrian Dalam Negeri bersama daerah akan mengawal hasil kesepakatan Munsrebang RKPD Provinsi untuk penyempurnaan RPJMD tahun 2018 serta penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2018 melalui musrenbang

“Kami melihat kesesuaian antara dokumen perencanaan pusat dan daerah RKPD dengan RPJMD dan RKP tersebut dan Kementerian Dalam Negeri akan mengevaluasi APBD dalam rangka konsistensi antara perencanaan dan penganggaran, ” jelasnya.

Oleh karena itu, dari Hasil Musrenbang akan menjadi bahan untuk penyempurna rancangan RKPD menjadikan rancangan akhir RKPD Provinsi sumsel.

“Karena RKPD itu kita akan jadikan sebagai landasan penyusunan KUA PPAS dalam rangka penyusunan RPAD tahun 2018,” ujarnya.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here