Home Health Manfaat Udang Sesuai Kandungan Nutrisinya

Manfaat Udang Sesuai Kandungan Nutrisinya

KORDANEWS – Udang merupakan makanan bernutrisi tinggi dan rendah kalori. Meski rendah kalori, kandungan vitamin dan mineralnya cukup tinggi, sehingga manfaat udang untuk kesehatan tubuh sangat beragam.

Selain itu, jika dibandingkan dengan makanan laut lainnya, kandungan merkuri yang terdapat pada udang juga tergolong rendah. Oleh karena itu, udang aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak, asalkan tidak berlebihan.

Beragam Manfaat Udang bagi Kesehatan
Berkat banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, udang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat udang untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh adalah:

1. Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
Protein merupakan komponen yang diperlukan untuk membentuk sel tubuh. Nutrisi makro ini juga dimanfaatkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim dan hormon.

Enzim bertanggung jawab terhadap banyak sekali reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh, misalnya untuk kontraksi otot, pembekuan darah, dan pencernaan. Karena protein tidak disimpan tubuh, sangat penting untuk mencukupi asupan protein setiap hari, salah satunya dengan mengonsumsi udang.

2. Mengurangi peradangan
Manfaat udang dalam mengurangi peradangan berasal dari kandungan astaxanthin di dalamnya. Senyawa ini merupakan antioksidan yang terdapat dalam ganggang yang dikonsumsi oleh udang, sehingga membuat udang juga turut mengandung astaxanthin.

Astaxanthin berfungsi untuk mencegah tubuh mengalami peradangan dengan cara mencegah radikal bebas merusak sel-sel tubuh. Karena kaitannya dalam mencegah peradangan, antioksidan ini turut berperan dalam mencegah risiko terjadinya penyakit kronis, termasuk serangan jantung maupun penyakit jantung lainnya.

3. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung
Manfaat udang dalam mencegah penyakit jantung berasal dari kandungan omega-3. Salah satu jenis minyak sehat atau lemak tak jenuh ganda ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh.

Efek ini membuat omega-3 baik dalam mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 secara rutin, risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, pun dapat berkurang.

4. Mendukung produksi hormon
Udang merupakan salah satu sumber yodium terbaik. Peran mineral ini sangat penting, terutama untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon. Kekurangan yodium dapat memicu terjadinya penyakit gondok.

Sumber utama yodium memang diperoleh dari garam, tetapi udang juga dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan yodium.

5. Mencegah osteoporosis
Kalsium dan fosfor merupakan mineral yang identik dengan susu. Padahal, keduanya juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi udang. Bahkan, kandungan kedua mineral ini cukup tinggi dalam udang.

Kalsium dan fosfor diketahui berperan penting dalam pertumbuhan serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, manfaat udang yang berasal dari kedua mineral tersebut juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis dan aterosklerosis.

Meskipun manfaat udang sangat banyak dari beragam nutrisinya, kandungan kolesterol dalam udang tergolong tinggi, yaitu mencapai 220 miligram setiap 100 gram udang. Oleh sebab itu, penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna menentukan seberapa banyak udang yang boleh dikonsumsi.

Manfaat udang dengan kandungan nutrisinya yang tinggi memang sangat baik bagi kesehatan. Namun, perhatikan porsi konsumsi udang dan kondisi kesehatan Anda saat mengonsumsinya.

Untuk memastikan jumlah konsumsi udang yang sesuai bagi Anda, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Anda juga dianjurkan untuk pergi ke dokter jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi udang.

Editor : babayaga

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here