Parasit Berbahaya Bisa Ada Di Dalam Sushi Lezat!

KORDANEWS – Siapa yang tidak tahu sushi, kuliner Jepang dari ikan mentah digulung dalam nasi. Untuk pencinta seafood, sushi adalah kuliner yang begitu menggoda. Namun, pencinta sushi kini harus lebih waspada. Seorang dokter telah mengeluarkan peringatan terhadap pencinta sushi.

Dia mengatakan, sushi dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang serius karena adanya parasit dalam makanan mentah, termasuk ikan mentah dan makanan laut lainnya. Bahaya tersembunyi dari mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang terus meningkat di negara-negara Barat, di mana hidangan seperti sushi semakin populer.

Dokter di Rumah Sakit da Luz Lisboa dan Centro Hospitalar de Lisboa Ocidental di Portugal, menangani seorang pria berusia 32 tahun yang menderita sakit perut bagian atas, muntah dan demam selama seminggu.

Tes darah menunjukkan adanya peradangan ringan, dan daerah di bawah tulang rusuknya terasa lunak. Namun, baru pada saat dia mengungkapkan bahwa baru-baru ini dia makan sushi, sehingga para dokter menduga dirinya menderita anisakiasis. Anisakiasis disebabkan oleh makan seafood mentah atau setengah matang yang terinfeksi parasit anisakis.

Endoskopi-penyisipan tabung panjang dengan kamera pada ujungnya sampai ke tenggorokan dan masuk ke dalam perut-mengungkapkan larva parasit mirip cacing menempel kuat pada area lapisan usus yang membengkak dan meradang.

Setelah larva diangkat dengan jaring khusus, gejala pria tersebut berangsur menghilang. Analisis laboratorium menunjukkan, larva tersebut termasuk dalam spesies Anisakis.

Sebagian besar kasus yang dilaporkan sampai saat ini telah terjadi di Jepang, di mana makanan ikan mentah sangat populer. Dikutip dari laman Zeenews, Sabtu (13/5).

 

Editor: Yokhe Odank

No related post!

Leave a reply

Loading...