Home Uncategorized Hati-Hati Wanita Lebih Rentan Terserang Osteoporosis

Hati-Hati Wanita Lebih Rentan Terserang Osteoporosis

KORDANEWS- Osteoporosis merupakan penurunan kualitas kepadatan tulang yang menyebabkan tulang rentan keropos dan retak. Kondisi ini bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Wanita lebih berisiko mengalaminya.

Menurut dr Peni Kusumastuti, SpKFR dari RS Premier Bintaro, wanita memiliki kepadatan tulang yang lebih tipis dibandingkan pria.

“Pria memiliki tabungan mineral tulang yang lebih banyak dibandingkan wanita. Pria juga memiliki hormon yang bisa merangsang penyerapan untuk tulang sehingga pria jarang osteoporosis,” tutur dr Peni.

Pada wanita, hormon yang membantu mengatur pembentukan tulang adalah hormon estrogen. Namun, ketika menopause hormon estrogen akan menghilang dan pembentukan tulang terhenti.

“Jadi pembentukan tulang wanita semakin lama akan menurun. Sementara pengeroposan jalan terus,” sambung dr Peni

Dalam acara Allianz-RS Premier Bintaro Health Talkshow “Tulang Belakang Sehat, Produktifitas Meningkat” di RS Premier Bintaro, Tangerang, Sabtu (17/9/2016),

dr Peni juga menambahkan bahwa pada wanita penurunan tinggi badan setelah menopause akan mencapai 12,5 centimeter akibat osteoporosis.

 

 

 

editor  : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here