Home Headline JPO Jadi Sarang Sampah dan Ngelem

JPO Jadi Sarang Sampah dan Ngelem

KORDANEWS – Jembatan penyeberangan orang (JPO) yang hanya ada satu-satunya di Kota Lubuk Linggau, telah berfungsi menjadi tempat sampah dan lokasi anak-anak mabuk mengisap lem aibon. JPO yang mestinya menjadi salah satu tempat yang sangat bermanfaat bagi penguna jalan kaki untuk menyebrang dengan aman kini malah terkesan terbengkalai.

Bahkan mulai dari tangga hingga tempat penyeberangan dipenuhi dengan sampah-sampah plastik, bekas kaleng-kaleng lem aibon. Dan lebih parah lagi bau pesing yang sangat tidak membuat nyaman bagi pengguna JPO.

“Mengganggu pemandangan banget. Heran juga kok ada orang yang buang sampah di situ. Bahkan baunya pesing orang habis buang air kecil menusuk hidung, karena itu kita malas lewat jembatan penyeberangan ini.” Kata ibu Ita.

Ditambahkan lagi oleh Rudi selain merusak pemandangan, bau yang ditimbulkan sampah-sampah dan bekas buang air kecil  itu mengganggu pengguna JPO.

“Iya, ini baunya ke mana-mana. Kalo bawa makanan lewat sini jadi gak enak. Pemerintah harusnya lebih bisa memperhatikan JPO agar bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat, sekarang ini banyak warga yang tahan naik ke pagar untuk menyeberang daripada melalui JPO.

Hal ini menjadi ironi karena JPO tepat berada di depan rumah sakit umum daerah (RSUD) Sobirin. Sehingga penyebaran bau sampah dan bekas orang buang air kecil sangat terasa.

Herman Sawiran salah seorang tokoh pemuda di Kota Lubuk Linggau mengatakan diharapkan pemerintah lebih memperhatikan JPO biar bisa bermanfaat bagi penguna jalan, karena masyarakat rata-rata pada malam hari khawatir untuk menggunakan tangga penyeberangan karena rawan penodongan, dikarenakan banyak anak-anak nongkrong di JPO untuk mabuk aibon.

“Perlu ada lampu tangga, serta dibersihkan setiap hari, sehingga pengguna JPO merasa nyaman dan aman saat menyeberang menggunakan jembatan penyeberangan. Karena selama ini faktanya JPO terbengkalai tanpa diurus dan dibersihkan. Mubazir uang negara, JPO tepat di depan rumah sakit namun jorok, jadi kurang sedap dipandang,” tambahnya.
Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here