Home Headline Hindari, Ini Penyebab Utama Wajah Kusam

Hindari, Ini Penyebab Utama Wajah Kusam

KORDANEWS – Wajah memang menjadi hal terpenting dalam penampilan. Untuk itu, bukan jadi hal yang aneh jika banyak orang bisa mengeluarkan uang puluhan juta demi mendapatkan wajah cantik menawan.

Meski perawatan wajah bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari bahan alami di dapur hingga yang mahal sekalipun, risiko mendapat kulit kusam sebenarnya sulit untuk dihindari.

Mengingat iklim negara kita yang panas disertai dengan polusi. Faktor-faktor lainnya juga turut mendukung wajah menjadi cepat kusam.

Walaupun hal tersebut bisa diatasi dengan perawatan wajah yang rutin, tapi kamu juga perlu tahu apa saja faktor utama yang menyebabkan wajah kita cenderung cepat kusam.

Berikut lima faktor utama kulit wajah mudah kusam yang perlu kamu ketahui.

1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Untuk memperbaharui dirinya, sel kulit melakukan regenerasi setiap jangka waktu tertentu. Untuk usia dewasa, kulit melakukan regenerasi sel setiap 28 hari sekali.

Sebelum mencapai siklus regenerasi ini, sel kulit yang mati akan terkumpul pada permukaan kulit dan membuat tampilan kulit wajah menjadi kusam.

Agar terhindar dari masalah ini, kamu dapat melakukan eksfoliasi fisik setidaknya 2-3 kali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, penggunaan skin care dengan kandungan chemical exfoliator seperti AHA dan BHA juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati

2. Paparan Polusi Udara

Masalah kulit kusam biasa mengintai seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dan polusi udara merupakan salah satu penyebab kulit kusam. Sinar matahari, polusi, dan debu dapat menyebabkan kelembapan kulit berkurang dan membuat tampilan wajah menjadi kering dan kasar. Hal ini juga diperparah oleh kulit yang tidak mendapat perlindungan maksimal.

Selain mengunakan skin care dengan kandungan SPF dan anti-oksidan yang tinggi, kamu juga bisa mengatasi masalah ini dengan berolahraga. Olahraga dapat memperlancar peredaran darah yang akan membantu penyerapan nutrisi dan pembuangan racun pada sel kulit.

3. Stres

Selain pengaruh dari dalam dan luar tubuh, pikiran kita juga dapat mempengaruhi kondisi kulit, lo! Stres merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan kulit kusam. Saat pikiran mengalami stres, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat dan membuat aliran darah menjadi lebih kencang.

Namun, aliran darah ini hanya mengalir menuju organ vital saja dan tidak menuju ke area wajah. Akibatnya, kulit menjadi tampak pucat dan kusam.

Untuk mencegah masalah ini, kamu bisa mencoba berlatih meditasi untuk menenangkan diri dan menurunkan kadar hormon kortisol. Selain itu, kamu juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada wajah dengan melakukan pijat wajah dan perawatan microdermabrasion.

4. Tubuh dan Kulit Alami Dehidrasi

Sebagai organ terbesar manusia, kulit membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan penampilannya. Selain memerlukan nutrisi dan vitamin, kulit juga memerlukan asupan air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi dapat membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan mengurangi volume darah yang dialirkan menuju kulit.

Akibatnya, kulit akan terlihat kusam, pucat, dan mengalami penuaan dini. Pastikan kamu memenuhi konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan dan dibantu dengan penggunaan produk skin care yang dapat

5. Kekurangan Zat Besi

Selain vitamin, kesehatan kulit juga dapat dijaga dengan asupan mineral yang cukup.

Jika kamu kekurangan asupan mineral, salah satu ciri yang dapat dialami adalah kulit kusam.

Beberapa mineral yang penting untuk kulit adalah zinc, copper, dan iron. Mineral ini mampu membentuk anti-oksidan alami pada tubuh yang dapat menutrisi kulit agar tetap sehat berseri.

Cara terbaik untuk mendapatkan asupan mineral yang cukup adalah dengan mengonsumsi multivitamin sesuai dengan dosis yang dianjurkan.(liputan6)

Editor : Maskur

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here