Home Health Bisa Fatal, Wanita Dilarang “Pipis” Sebelum Bercinta

Bisa Fatal, Wanita Dilarang “Pipis” Sebelum Bercinta

KORDANEWS – Kondisi ini kadang tidak disadari. Bagi sebagian wanita, mereka tiba-tiba merasa ingin buang air kecil saat hendak berhubungan intim dengan suaminya. Ternyata, kebiasaan ini bisa berakibat fatal.

Pakar Urologi, David Kaufman menerangkan, bagi wanita, “pipis” sebelum bercinta memperbesar risiko terkena infeksi salurah kemih.

Kaufman bahkan menyebutkan, buang air kecil sebelum aktivitas seks adalah penyebab nomor satu dari infeksi saluran kemih post-coital (pasca hubungan seks). Kondisi semacam itu, -seperti dikutip Yahoo Health, juga dikenal dengan sebutan “honeymoon cystitis”.

Cystitis atausistitis adalah peradangan kandung kemih, dengan gejala utama meningkatnya frekuensi berkemih, nyeri saat berkemih, dan kadang-kadang ada darah dalam air seni.

“Bakteri memiliki pili kecil yang bertindak semacam velcro (perekat), yang memungkinkan bakteri menempel pada bagian uretra,” kata dia dilansir dari Rakyatku.com.

Pili adalah struktur seperti benang yang ada pada bakteri. Pili lebih pendek dari flagela, dan digunakan juga untuk mendekatkan bakteri satu sama lain. Sebaliknya, Kaufman menegaskan, buang air kecil setelah berhubungan seks menjadi amat penting.

Dia mengatakan, buang air kecil setelah bersetubuh memungkinkan bakteri lepas, dan mencegahnya berpindah ke kandung kemih.

Data menunjukkan, infeksi saluran kemih merupakan kondisi menyakitkan yang amat banyak menjangkiti perempuan. Diperkirakan, satu dari dua perempuan pernah mengalaminya.(net)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here