Home Ekonomi Mobil Offroad Tenaga Listrik Bukan Mustahil

Mobil Offroad Tenaga Listrik Bukan Mustahil

KORDANEWS- Mengembangkan kendaraan listrik tidak murah. Maka dari itu, sekelas produsen mobil besar sekalipun tentunya membutuhkan biaya yang besar untuk sekadar membuat prototipe. Apalagi kalau membuat versi produksinya, tentu lebih besar lagi dana yang bakal dikeluarkan.

Hal itu juga diakui oleh salah satu mekanik wanita yang ikutan terlibat dalam pembuatan mobil listrik offroad milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Kalau yang full listrik BLITS itu RP 1 miliar. Kemarin kita pendanaan dibantu Universitas Budi Luhur, jadi mereka pendanaannya, kita di riset dan pengembangan,” ungkap Mekanik mobil listrik ITS Ayuning Fitri Desanti, Selasa (31/7/2018).

Mobil listrik yang memang diperuntukkan di jalanan offroad ini bakal melakoni uji coba dengan berkeliling Indonesia sejauh 15.000 km sebelum akhirnya bisa mengikuti ajang Rally Dakar.

Di ajang Rally Dakar sendiri, menurut Santi sapaan akrabnya, baru ada satu mobil listrik bernama Acciona. Acciona merupakan mobil listrik pertama yang mampu melewati garis finish di ajang Rally Dakar.

Santi berharap, mobil listrik Blits buatan ITS ini bisa bersaing dengan Acciona.

“Ini prototipe untuk event Dakar 2019 dalam rangka uji coba makanya dibuatnya offroad,” tutup Santi.

Editor : red

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here