Home Opini Hati Hati, Asal Menaruh Barang di Bagasi Bisa Berbahaya

Hati Hati, Asal Menaruh Barang di Bagasi Bisa Berbahaya

KORDANEWS– Salah satu keunggulan memiliki mobil adalah kemampuannya untuk membawa banyak barang. Hal itu sangat berguna, ketika kita memutuskan untuk pergi berlibur.

Apalagi jika pelesir dijalankan bersama anggota keluarga yang jumlahnya banyak. Otomatis, barang yang dibawa juga semakin bertambah jumlahnya.

Umumnya, barang bawaan diletakkan begitu saja di bagasi. Hal itu tidak dianjurkan, karena bisa menimbulkan beberapa risiko. Salah satunya, mengganggu kestabilan kendaraan saat dipacu di jalan raya.

Nah, agar hal itu tidak terjadi, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini, dilansir dari laman Suzuki.

Terapkan prinsip pusat titik gravitasi

Dalam prinsip pusat titik gravitasi, semakin rendah posisi beban maka pengendalian mobil makin bagus. Taruh barang yang lebih berat terlebih dulu, tempatkan di tempat paling bawah. Baru kemudian disusul dengan barang-barang dengan bobot yang lebih ringan.

Pastikan beban seimbang kanan dan kiri

Usahakan menempatkan barang dengan bobot yang rata, seimbang antara kanan dan kiri. Jika beban tidak seimbang, seperti lebih berat ke kanan, maka mobil akan condong ke kanan ketika berjalan.

Pastikan barang saling mengunci

Saat menempatkan barang, pastikan sudah saling mengunci antar barang dengan posisi rapat ke bodi mobil kanan dan kiri. Usahakan tidak ada lagi ruang kosong yang bisa menyebabkan barang bergeser. Pastikan sisi kanan sampai kiri barang rapat.

Untuk barang yang berbentuk tinggi, letakkan dengan cara tidur, karena jika ditempatkan dengan posisi berdiri, kemungkinan bergeser dan bergoyang menjadi lebih besar.

Editor : Chandra Baturajo.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here