Home Sosok Demi Meningkatkan Prestasi Olahraga Sumsel, Alex Tegaskan Pengurus Harus Fokus

Demi Meningkatkan Prestasi Olahraga Sumsel, Alex Tegaskan Pengurus Harus Fokus

KORDANEWS – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel Alex Noerdin mengharapkan kepada KONI di Kabupaten/Kota harus fokus dan berani mengambil resiko untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumsel. Apabila masih ragu-ragu maka tidak akan maju, karena dalam mengurusi masalah olahraga tidak lah mudah.

Alex Noerdin mengatakan, agar prestasi olahraga di setiap kabupaten/kota terus meningkat, maka dalam mengurusi olahraga tersebut harus fokus, ikhlas, berani berkorban untuk semuannya baik itu waktu dan materi. Karena memang jadi pengurus olahraga itu tidak gampang.

“Saya ingat dulu 2004 saat masih di Bupati Musi Banyuasin (Muba) berani menerima tantangan yakni, mengambil pertama kalinya Pekan Olahraga Nasional (PON) di luar Pulau Jawa. Pada saat itu Sumsel tuan rumah masa Gubernur
Rosihan Arsyad. Jadi, ini sebagai pembelajaran bagi Koni Kabupaten/Kota itu disamping fokus harus, juga berani mengambil resiko minimal tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov),” katanya, dalam Peringatan HUT Koni ke 80 dan Rapat anggota KONI Provinsi Sumsel 2018 di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), yang dihadiri oleh seluruh Koni kabupaten/kota se-Sumsel, pengurus cabang olahraga, insan olahraga dan lainnya, Minggu (9/12/2018).

Alex yang juga mantan Gubernur Sumsel ini meminta, pengurus KONI maupun cabang olahraga agar tidak main-main mengurus organisasi besar ini. Oleh sebab itu, melalui rapat anggota Koni yang digelar setahun sekali ini
diharapkan bisa menyerap aspirasi, pemikiran, membangun sinergitas dan komunikasi untuk menguatkan olahraga di Sumsel bahkan di kabupaten/kota yang ada.

“Masalah sinergitas, komunikasi, dan saling mendukung, adalah hal yang sangat penting dalam menciptakan iklim pembinaan olahraga dan meningkatkan prestasi atlet. Marilah kita benahi cabang olah raga kita masing masing,
jangan sampai merugikan atlit cabor itu sendiri,” tegasnya.

Selain itu Alex mengatakan, salah satu agenda rapat tersebut adalah pemetaan cabor unggulan kabupaten. Hal ini harus dilakukan agar masing-masing cabor fokus pada cabang unggulan yang dibina dengan baik.

“Kepada setiap ketua cabang olahraga saya meminta untuk tidak mengurusi cabang olahraga lain, tapi urus cabang olahraga sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Rapat anggota KONI Provinsi Sumsel 2018 Dhennie Zainal mengatakan, rapat anggota ini dilaksanakan setahun sekali. Maksud dan tujuan adalah konsolidasi organisasi sesuai AD dan ART KONI, merancang dan menentapkan program kerja untuk kegiatan 2019.

“Salah satunya pembahasan persiapan Porprov XI di Prabumulih 2019 dan Porwil di Babel 2019,” katanya, yang juga menjabat Wakil Ketua I KONI Sumsel ini.

Dhennie berharap, dengan adanya rapat anggota KONI ini nantinya, akan memunculkan butir-butir dan solusi terhadap semua strategi yang dapat memberikan jalan menuju kesuksesan baik itu pelaksanaan Porprov, serta
pembinaan cabang olahraga dan atlitnya.

Ditempat yang sama, Bupati OKU Kuryana Aziz berharap rakor dapat membawa hasil positif. KONI OKU sedang banyak membangun venue. Sebut saja Lapangan Tenis Indoor, ni tidak lain untuk pembinaan olahraga.

“Semua pembangunan fasilitas olahraga di OKU ini tidak lain untuk pembinaan olahraga, jadi kami tidak menawarkan diri tapi kalau di tunjuk siap untuk menjadi tuan rumah Porprov. Paling tidak kalau nanti betul-betul jadi tuan rumah tidak ketetaran lagi,” pungkasnya. (AC)

 

Editor : Chandra Baturajo.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here