Home Headline 6 Penyakit yang Sebabkan Ponsel Menjadi Lemot

6 Penyakit yang Sebabkan Ponsel Menjadi Lemot

KORDANEWS – Ingat waktu ponsel Android kamu masih baru? Saat itu, kinerjanya terasa begitu lancar. Untuk membuka aplikasi, main game, dan multitasking apa pun, begitu mulus tanpa kendala.

Namun lama-kelamaan kinerjanya kian menurun. Ponsel kamu tak lagi seresponsif dulu, alias lemot. Bahkan kadang harus diketuk-ketuk dulu bodinya agar merespons. Apa yang terjadi?

Melansir dari Technipages, penyebab kinerja ponsel menjadi lambat ada beberapa hal, seperti dilansir dari Viva.co.id, berikut ini.

1. Aplikasi masih berjalan di ‘belakang’
Beberapa aplikasi memasang layanan yang terus running di belakang. Semakin banyak aplikasi, semakin berat bebannya. Ini bisa memakan memori dan ponsel menjadi lemot.

Cara mengatasinya, restart ulang ponsel, lalu periksa melalui Pengaturan – Aplikasi – Running/Berjalan untuk melihat daftar aplikasi yang masih aktif.

Copot pemasangan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Layar “Running” di Pengaturan memberikan informasi tentang aplikasi yang masih beroperasi di latar belakang.

2. Memori tidak cukup atau penuh

Jika kamu telah banyak memasukkan data dan aplikasi ke Android, itu dapat memperlambat perangkat secara signifikan.

Periksa berapa banyak sisa memori yang kamu miliki. Caranya, akses Pengaturan – Penyimpanan, kemudian lihat berapa banyak memori yang tersisa. Semakin banyak ruang, semakin baik. Jika sudah menipis, hapus aplikasi yang tak diperlukan.

3. Sampah Cache

Cache menyebabkan kinerja ponsel melambat. Untuk memulihkan ponsel, cache yang juga disebut tembolok ini harus dihapus. Biasanya beda ponsel beda cara. Yang sama adalah tetap masuk ke Pengaturan.

4. Kartu SD

Semakin banyak kapasitas ruang untuk kartu SD, semakin menunjang kecepatan ponsel. Sebaliknya, jika ruang kartu SD kecil dan sudah penuh, ia dapat memengaruhi kecepatan operasi ponsel.

5. Widget

Jika kamu menampilkan banyak widget di layar beranda, ia dapat memakan banyak sumber daya karena widget-widget itu mencoba untuk terhubung ke jaringan.

Hapus semua widget dengan mengetuk dan menahan, kemudian menyeretnya ke ikon hapus.

6. Ponsel atau sistem operasi sudah jadul

Tak diragukan lagi jika perangkat Android kamu keluaran tahun lama, dan ia melambat kinerjanya, artinya pembuat perangkat ingin kamu meng-upgrade ke versi baru.(net)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here