Home Advertorial Pemprov Sumsel Anggarkan Pembuatan Mushaf Alquran

Pemprov Sumsel Anggarkan Pembuatan Mushaf Alquran

ADVERTORIAL

KORDANEWS—–Kota Palembang ternyata telah lama dikenal sebagai Mushaf Al-Qur’an sejak tahun 1846-an. Itu artinya kota ini yang lebih dulu dibandingkan Negara Turki dan Singapura yang sebagai Mushafnya Kitab Al-qur’an.

Namun kenyataannya sekarang itu hanya sebagai sejarah ,untuk itu Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (RI) mengunjungi Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, dalam rangka mencetak Al Qur’an dengan desain Al Qur’an Mushaf Al-Palembani dengan Cover Khas Palembang.

“Percetakan Kitab Al-Qur’an di Indonesia menginginkan, dimana Kota Palembang yang terkenal religius dapat memiliki mushaf tersendiri atau ciri khas kota sendiri, dan Insyaallah Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin sangat merespon dengan ide seperti ini, “kata kepala Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan Alfajri Zabidi, ditemui seusai Pertemuan, Rabu (16/8).

Untuk pembuatan desain Mushaf dengan cover khas Palembang, diungkapkan Alfajri, bahwa akan ada tim yang akan menentukan desain manakah yang palaing cocok untuk dapat dipakai sebagai Mushaf Kitab Al-qur’an Al-Palembani.

“Ini masih mencari desain yang pas apakah akan dipakai desain songket, atau masjid khas kota Palembang, asal jangan desian makhluk hidup, jadi pokoknya ciri khas Palembang, “ungkapnya.

Lebih lanjut, diakui Alfajri, Mushaf Al-qur’an itu sendiri telah ada di berbagai daerah di Indonesia, sebagai ciri khas daerahnya masing-masing. Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi akan secepatnya menganggarkan pembuatan Mushaf Al-qur’an, “Agar kita juga punya ciri khas sendiri untuk cover kitab Al-qur’an, “ucapnya.

Sementara itu Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sumsel Ahmad Nasuhi mengatakan kewenangan untuk pembuatan Cover kita Al-quran yang berciri khas Kota Palembang telah diberikan oleh Gubernur kepada pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumsel.

“Baznas sebagai pengolah badan umat akan yang berwenang untuk mendistribusikan al-qur’an yang berciri khas Al-palembani, termasuk akan membuat tim covernya, “katanya.

Untuk tahap pertama, diungkapkan Nasuhi akan di distribusikan sebanyak 10 ribuan al-quran cover ciri khas Kota Palembang di wilayah Sumsel, dengan dana melalui Baznas Sumsel, “Belum tahu berapa dana yang akan dikucurkan oleh Baznas, “ujarnya.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here