Pencairan Dana Desa ke Dua Desa Ini Harus Tertunda

KORDANEWS – Realisasi penyaluran dana desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) telah mencapai angka 60 persen atau sebesar Rp 1,35 triliun dari pagu sebesar Rp 2,27 triliun.

 

Hanya saja, dari 2.852 desa penerima di Sumsel ada dua desa yang harus tertunda penyaluranya ke rekening desa.

 

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumsel, Sudarso mengatakan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi bersama Pemprov Sumsel, diketahui ada dua desa yang harus tertunda pencairan dana desanya. Yaitu Desa Meranti, di Kabupaten Banyuasin, dan Desa Tebing Kampung di Kabupaten OKU.

 

“Alasan penundaan pencairan ke rekening desa tersebut dikarenakan kepala desa yang bersangkutan tengah terkena masalah hukum,” kata dia, Rabu (6/8)

 

Oleh sebab itu, kata Sudarso, seyogyanya Pemda setempat harus dapat segera melakukan progress pergantian sementara untuk posisi kepala desa atau menunjuk petugas pengganti dan sebagainya.

 

“Sebab yang berhak menerima manfaat dari dana desa tersebut adalah desa. Jadi desa yang bersangkutan akan sangat dirugikan jika dana desa yang menjadi haknya tidak tercairkan,” ktanya,

 

 

Editor : mahardika

No related post!

Leave a reply

Loading...