Home Health Abis Begadang, Begini Caranya Agar Kembali Fresh

Abis Begadang, Begini Caranya Agar Kembali Fresh

KORDANEWS – Begadang bisa karena hobi ataupun harus melakukan kegiatan yang tak bisa dihindari. Untuk itulah, harus ada beberapa hal yang dijadikan catatan agar tak berdampak buruk agi kesehatan. Berikut tips agar tetap fresh usai beagadang dilansir dari vemale.com

Tetap Bangun Pagi Seperti Biasa

Meski berat, cobalah untuk tetap bangun pagi seperti hari biasa. Cara ini akan mempermudahmu untuk kembali menyesuaikan jam biologis tubuh untuk malam dan hari-hari berikutnya. Kalau alarm sudah berbunyi, segera kumpulkan energi untuk segera bangun saat itu juga.
Minum Air

Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi.
Gimana cara mengecek apakah tubuh mengalami dehidrasi atau tidak? Caranya adalah dengan mengecek warna urin. Dr. Arthur Agatston, direktur Wellness & Prevention di Baptist Health South Florida menuliskan, “Semakin pekat warna urinnya, semakin besar kemungkinan Anda mengalami dehidrasi. Cara pengecekan ini lebih akurat dibandingkan mendeteksi rasa haus.”

Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Kalau cuacanya lagi cerah, jangan ragu untuk mendapatkan paparan sinar matahari pagi. Buka jendela lebar-lebar, arahkan tubuh untuk bisa mendapat cahaya matahari, dan rasakan kehangatannya.

Konsumsi Kopi Secukupnya

Kopi atau minuman berkafein mungkin jadi andalan untuk mengatasi rasa kantuk akibat begadang. Tapi jangan sampai berlebihan. Kalau berlebihan, kita malah bisa merasa pusing, perasaan cemas dan tak nyaman yang justru mengganggu. “Konsumsi berlebih kopi yang tak mengalami penyaringan (direbus atau espresso) berkaitan dengan naiknya sedikit kadar kolesterol,” tulis Dr. Donald Hensrud dari Mayo Clinic. “Dan sejumlah penelitian menemukan bahwa konsumsi dua cangkir kopi atau lebih sehari bisa meningkatkan penyakit jantung pada orang (yang umumnya terjadi) dengan mutasi genetik tertentu yang memperlambat penguraian kafein di dalam tubuh,” imbuhnya.

Olahraga Ringan

Dengan olahraga ringan, aliran darah bisa mengalir lebih lancar. Menurut Dr. William Kohler, peneliti di Florida Sleep Institute, push-up atau lari mengelilingi gedung beberapa kali bisa meningkatkan kondisi terjaga dengan mengeluarkan adrenalin. Jalan kaki ringan pun dipercaya bisa membantu tubuh lebih bugar meski habis begadang semalaman.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here