Home Budaya Kemendikbud Pamerkan Manusia Purba di OPI Mall

Kemendikbud Pamerkan Manusia Purba di OPI Mall

KORDANEWS-Untuk memperkenalkan Situs Purbakala Sangiran yakni, Manusia Purba Sangiran kepada masyarakat di Indonesia terutama di Wilayah Sumatera, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik lndonesia melalui Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, mengadakan Museum Manusia Purba (yang berlangsung di 5 Kota salah satunya di OPI mal Palembang, 15-19 November 2017.

Situs Sangiran adalah salah satu situs prasejarah yang penting di Indonesia. Potensi Situs Sangiran akan peninggalan masa lalu terendapkan dalam tanah berusia jutaan tahun silam.

“Bukti-bukti kehidupan masa lalu dari masa 2,4 juta tahun hingga 250.000 tahun ditemukan dalam kuantitas dan kualitas yang prima,”kata Kepala BPSMP Sukronedi saat ditemui, Rabu (15/11).

Bahkan ia mengatakan dunia pun telah mengakui potensi Situs Sangiran sebagai salah satu Warisan Dunia yang penting dalam hal ini UNESCO.

“Situs Sangiran ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs kunci untuk pemahaman evolusi manusia. UNESCO menilai bahwa Sangiran adalah salah satu situs kunci untuk pemahaman evolusi manusia, “katanya.

Ia juga menjelaskan pameran di lima Kota di Sumatera, BPSMP Sangiran menyiapkan berbagai koleksi yang siap memberikan pengetahuan dan informasi bagi masyarakat.

“Kekayaan Situs Manusia Purba Sangiran akan disajikan guna memberi pengetahuan dan informasi bagi masyarakat berupa kisah Sangiran di masa lalu, “jelasnya.

Sukro menambahkan bahwa Sangiran di masa lalu saat masih menjadi laut dalam, kehidupan rawa, kisah hutan tropis dan juga perubahan iklim yang melanda Sangiran tersaji di koleksi yang telah disiapkan guna memberikan pengetahuan dan informasi bagi masyarakat Sumatera.

“Dengan temuan sekitar 80 individu sisa manusia purba jenis Homo erectus, Situs Sangiran menyumbang 50% populasi temuan Homo erectus dunia. Artefak sebagai budaya manusia tela menjadi bukti kecerdasan manusia purba dalam memanfaatakan alam,” jelasnya.

Sebelumnya Road Show Sangiran, sudah diselenggarakan di tiga Kota di Sumatera yakni Medan (18-22 Oktober 2017), Pekanbaru (1-5 November 2017), Jambi (8-12 November 2017), dan setelah Road Show di Palembang akan dilanjutkan di Kota Bandar Lampung (22-26 November 2017). (Ab)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here