Home Advertorial Pemprov Sumsel Raih Innovative Government Award 2017

Pemprov Sumsel Raih Innovative Government Award 2017

ADVERTORIAL

KORDANEWS – Setelah melalui serangkaian penilaian yang panjang dan alot, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi Inovative Government Award (IGA) 2017. 

Penghargaan ini diterima oleh Ahcmad Najib selaku Assisten Satu Pemerintah Sumsel mewakili Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada Malam Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif/ IGA Tahun 2017 dan Leadership Award di Puri Agung Convention Hall Hotel Sahid Jaya Jakarta, Senin (18/12).

Adapun penyelenggaraan Innovative Government Award 2017 oleh Kementerian Dalam Negeri ini berbeda dengan penyelenggaraaan tahun 2007, 2008, 2010, 2011, 2012, 2013.  Malam penghargaan Innovative Government Award 2017 dan Leadership Award 2017 di hadiri langsung Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Untuk diketahui inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Dalam hai ini menjadi tugas dan fungsi badan panelitian dan pengembangan kementerian dalam negeri, khususnya pusat Iitbang inovasi daerah untuk melakukan penliaian inovasi daerah.

Inovasi daerah dapat berbentuk, inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan pubiik dan inovasi bentuk lainnya, sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. 

Pada malam anugrah ini Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi provinsi peringkat pertama Innovative Government se-Indonesia. Sumsel menjadi peringkat pertama karena berkat kerja keras pemerintah Sumsel. Ada 3 Aspek yang membuat Sumsel menjadi peringkat pertama yaitu aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat.

Pelaksanaan IGA ini sendiri melalui serangkaian tahapan, mulai dari penjaringan profil inovasi daerah pada bulan Agustus. Kemudian dilanjutkan verifikasi profil bulan September, validasi pada Oktober-November melalui presentasi kepala daerah dan temuan lapangan, dan pemberian penghargaan Inovative Government Award pada bulan Desember tahun 2017. 

Agenda ink sekaligus menandakan bahwa terlaksana amanat peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, dan ini sebagai wujud pembinaan dan pengawasan inovasi daerah, serta media untuk diseminasi praktek-praktek baik pemerintah daerah. (Ril)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here