Home Ekonomi Mau Bisnis SPBU? Sediakan Budget Segini

Mau Bisnis SPBU? Sediakan Budget Segini

KORDANEWS – Persaingan bisnis di Sumatera Selatan khususnya Palembang memang sedang sangat berkembang pesat. Mulai dari bisnis Kuliner, fashion hingga bisnis yang bernilai milyaran seperti bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU).

Erwin Hiswanto, General Manager Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel mengatakan, setiap tahun ada peningkatan jumlah SPBU. Meski tidak memungkiri ada juga perusahaan SPBU yang tutup di kota Palembang maupun di Sumsel.

“Ada juga yang tutup, tapi lebih banyak yang buka. Misal tutup 2 yang buka 3. Yang tutup juga bukan karena minimnya nilai keuntungan tapi kebanyakkan karena alasan internal.” jelasnya kepada Kordanews, Jumat (13/4/2018).

Sebagian besar tutupnya SPBU dikawasan kota Palembang dan Sumbagsel dikarenakan masalah hak ahli waris dan kontrak 20 tahun yang diberikan Pertamina telah habis.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina terus membuka peluang kerjasama dengan para investor. Terlebih kebutuhan BBM dengan ragam jenis yang semakin meningkat.

“Di Kota Palembang tidak mudah mencari lahan. Kita juga melihat jarak antara SPBU lama dan yang akan dibangun. Biar tidak ada persaingan antar investornya,” katanya

Untuk memulai usaha, calon investor harus merogoh dana yang tidak sedikit. Untuk satu pondasi yang memuat tiga unit paket tanki BBM dengan harga sekitar Rp 1,5 Miliar. Namun sejauh ini, konsumsi SPBU di Sumbagsel terus meningkat di kisaran 15 ton hingga 40 ton per harinya. (Vic)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here