Home Headline Viral ! Bulan Berwana Hijau Pada 20 April

Viral ! Bulan Berwana Hijau Pada 20 April

KORDANEWS- Kabar kemunculan bulan berwarna hijau pertama kalinya dalam 420 tahun viral di Facebook. Informasi ini begitu cepat menyebar dan banyak netizen yang memercayainya.

Seperti dilansir Fox News, Kamis (19/4/2018), informasi tersebut pertama kali tersebar di Facebook dan langsung jadi perbincangan. Bulan disebut akan berwarna hijau selama 90 menit.

“Pada 20 April, sejumlah planet akan sejajar dan menyebabkan bulan terlihat berwarna hijau selama 90 menit. Fenomena ini dikenal sebagai ‘bulan hijau’ dan hanya terjadi sekali selama 420 tahun. Tolong bagikan kejadian ini,” tulis salah satu postingan.

Bukan cuma kali ini saja fenomena bulan hijau membuat geger. Kabar serupa juga pernah terjadi pada 2017 dan 2016 lalu.

“Catat tanggalnya, 29 Mei 2016. Bulan hijau akan terlihat pertama kali sejak 1847,” isi postingan yang disebar pada 2016 lalu.

Melihat gegernya kabar fenomena tersebut, para ahli astronomi menyatakan hal itu adalah hoax. Tidak ada yang namanya bulan berwarna hijau.

Istilah bulan hijau atau green moon adalah sebuah acara yang dibuat untuk para pemakai ganja. Sedangkan 4/20 atau disebut sebagai tanggal 20 April merupakan kode numerik untuk ganja.

Salah seorang netizen di Twitter mengatakan,”Nenek saya membagikan informasi ini di FB dan benar-benar berpikir bahwa bulan hijau akan muncul pada 20 April.”

“Ibu saya yakin kalau akan ada bulan hijau pada 20 April. Saya menangis,” tulis netizen lainnya

editor : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here