Home Ekonomi Bisnis Ikan Cupang Koi Tembus Pasaran Mancanegara

Bisnis Ikan Cupang Koi Tembus Pasaran Mancanegara

KORDANEWS- Ikan hias Cupang memilki banyak penggemarnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tak hanya Indonesia namun hingga mancanegara. Peluang ini ditangkap oleh seorang pemuda di Bogor, Jawa Barat untuk mengembangbiakkan ikan hias cupang koi. Uang jutaan rupiah berhasil diraupnya tiap bulan dari hasil menggeluti bisnis beternak ikan cupang.

Ikan hias cupang koi memiliki gerakan yang lincah, ekor dan siripnya meliuk-liuk mengikuti gerakan tubuh. Apalagi, saat sirip dan ekornya mengembang warnanya begitu eksotik. Tak heran jika ikan hias cupang koi digemari banyak kalangan mulai dari anak- anak hingga dewasa.

Banyaknya penggemar ikan cupang menjadikan peluang terbuka untuk dijadikan bisnis. Seperti Rais Maliki, kalilicin, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat yang sudah mulai menggeluti sejak 2016 lalu.
Di dalam rumahnya dengan lahan seluas 52 meter persegi, dibuat beberapa petak kolam untuk beternak ikan cupang. Ada tiga jenis ikan cupang yang diternak, mulai ikan cupang jenis white scale orange head, emerald hingga ikan cupang black mamba yang saat ini sedang hits di pasaran, jumlahnya mencapai puluhan ribu ekor / mulai dari yang berukuran kecil hingga siap jual.

Induk ikan cupang yang akan dikembangbiakan harus berkualitas bagus. Tiap satu akuarium ukuran kecil diisi indukan jantan dan betina agar terjadi proses pemijahan.
“Proses pemijahan ditandai dengan induk pejantan mendekati induk betina hingga induk betina mengeluarkan ratusan telur,” ujarnya.


Dalam satu hari, telur akan menetas menjadi burayak. Setelah dianggap kuat, burayak ikan cupang segera dipindahkan ke dalam kolam pembesaran. Selama masa pembesaran / anakan ikan cupang diberi makan berupa kutu air dan cacing halus hingga panen.
Keberhasilan pemuda darah palembang ini, berkat ketekunan dan bimbingan penyuluh perikanan, ikan cupang hasil budidaya petani dipasarkan ke sejumlah kota dibantu petugas penyuluh perikanan.
Dari membudidayakan ikan cupang / omset per bulannya mencapai Rp20 juta. Omzet itu didapat dari pemasaran di Indonesia hingga pengiriman ke australia, jepang, hingga Amerika.

Harga per ekor ikan cupang, mulai dari lima puluh ribu rupiah hingga satu juta lima ratus ribu rupiah. Namun, ikan cupang dengan kualitas kontes harganya bisa lebih mahal. Bagi penghobi dan menyuka ikan dapat melihat langsung di instagram @SEV7ENBETTA Atau ke no handphone 082291165575.

Editor : red

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here