Doris Day Tutup Usia, Ini Perjalanan Hidupnya Yang Kamu Harus Ketahui

KORDANEWS — Penyanyi dan Aktris yang terkenal  yang tenar di tahun 1950-an dan 60-an, Doris Day dikabarkan tutup usia. Wanita yang berambut pirang diketahui meninggal karena sakit pneumonia.

Sebelumnya wanita yang  bernama lengkap Doris Mary Ann Kappelhoff yang lahir pada 3 April 1922 – 13 Mei 2019) adalah aktris, penyanyi, dan aktivis kesejahteraan hewan berkebangsaan Amerika Serikat. Ia mengawali kariernya sebagai penyanyi band besar tahun 1939, lalu popularitasnya melejit setelah ia merilis lagu pertamanya, “Sentimental Journey” (1945).

Setelah keluar dari Les Brown dan His Band of Renown untuk merintis karier solo, ia merekam lebih dari 650 lagu sejak tahun 1947 sampai 1967. Ia pun dikenal sebagai salah satu penyanyi terpopuler dan termasyhur pada abad ke-20.

Selain itu Doris dikenal sebagai penyanyi yang mempunyai suara dengan contralto-nya yang mendayu-dayu, rambut pirang dan senyum yang bersinar, Day adalah artis box office dan rekaman terkenal yang dikenal untuk film-film seperti “Pillow Talk”yang sempat dinominasikan Oscar dan “That Touch of Mink” dan untuk lagu-lagu seperti “Whatever Will Be, Will Be (Que Sera, Sera)” dari film Alfred Hitchcock “The Man Who Knew Too Much.”

Day diberi Presidential Medal of Freedom pada 2004, oleh George W. Bush. Dia menyatakannya “hari yang baik bagi Amerika ketika Doris Marianne von Kappelhoff dari Evanston, Ohio memutuskan untuk menjadi penghibur.”

Meskipun bisa dibilang dia pensiun dari bisnis pertunjukan sejak 1980-an, ia masih memiliki cukup banyak pengikut sehingga koleksi lagu-lagu yang sebelumnya belum dirilis tahun 2011, “My Heart,” mencapai 10 besar di Inggris.

Pada tahun yang sama, ia menerima penghargaan prestasi seumur hidup dari Asosiasi Kritikus Film Los Angeles. Teman-teman dan pendukungnya melobi selama bertahun-tahun untuk memberinya Oscar kehormatan.

Baca Juga :   Penyanyi Legenda Hollywood, Doris Day Tutup Usia

Sebagai aktris karier film Day berawal pada masa-masa senja perfilman Hollywood klasik lewat film Romance on the High Seas (1948). Kesuksesan film ini memantapkan Day untuk menjadi aktris film selama dua puluh tahun berikutnya. Ia membintangi sejumlah film sukses, termasuk film musikal, komedi, dan drama. Ia memerankan tokoh utama di film Calamity Jane (1953) dan membintangi The Man Who Knew Too Much (1956) bersama James Stewart.

Film-film tersukses yang dibintangi Day selalu melibatkan Rock Hudson dan James Garner, misalnya Pillow Talk (1959) dan Move Over, Darling (1963). Ia juga menjadi pemeran pendamping bersama sejumlah aktor ternama seperti l Clark Gable, Cary Grant, David Niven, and Rod Taylor. Ia mengakhiri kariernya di dunia perfilman pada tahun 1968, lalu membintangi sitkom The Doris Day Show (1968–1973) di CBS.

Sebagai aktris, ia merupakan bintang film perempuan ternama pada awal 1960-an dan pemeran terpopuler keenam pada tahun 2012. Pada tahun 2011, ia merilis album studio ke-29, My Heart, yang menduduki sepuluh besar tangga lagu Britania Raya. Dari semua penghargaan yang pernah diterimanya, Day pernah dianugerahi Grammy Lifetime Achievement Awarddan Legend Award dari Society of Singers. Tahun 1960, ia mendapat nominasi Academy for Best Actress.

Tahun 1989, ia dianugerahi Cecil B. DeMille Award atas prestasi seumur hidup di dunia perfilman. Tahun 2004, Presiden George Bush menganugerahkan Presidential Medal of Freedom kepada Doris Day, lalu menerima Los Angeles Film Critics Association’s Career Achievement Awardpada tahun 2011. Ia merupakan salah satu tokoh Masa Keemasan Hollywood yang hidup sampai abad ke-21.

Untuk diketahui Doris tutup di usia ke 97 pada Selasa, 14 Mei 2019. Legenda Hollywood itu di kabarkan meninggal merupakan sakit pneumonia.

Baca Juga :   Penyanyi Legenda Hollywood, Doris Day Tutup Usia

“Day dalam kondisi fisik yang sangat baik untuk ukuran orang seusianya sampai dia kena pneumonia parah yang menyebabkan dia meninggal,” kata yayasan Doris Day Animal Foundation dalam sebuah pernyataan mengonfirmasi kematian sang bintang.

Editor : Jhonny

Doris Day Doris Tutup Usia Perjalanan Doris

Related Post

Leave a reply

Loading...