Home Headline Sebagian Muslim di Palembang, Rayakan Idul Fitri Pada Hari ini

Sebagian Muslim di Palembang, Rayakan Idul Fitri Pada Hari ini

KORDANEWS — Pada hari ini Selasa 4 Juni 2019, ratusan umat muslim di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan sebagai hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah.

 

 

Mereka yang telah menuntaskan puasanya sejak kemarin dan menjalankan ibadah sholat Id, tergabung dalam Jemaah Ru’yatul Hilal Global.

 

 

“Kita menetapkan hari raya Idul Fitri berdasarkan hasil ru’yatul hilal internasional yang dilakukan secara global. Ini sudah dijelaskan dalam hadits,” ungkap Jemaah Ru’yatul Hilal Global, Mahmud Jamhur, usai menjalankan sholat Id di halaman Masjid At Tadzkir, Kecamatan Jakabaring Palembang, Selasa (4/5).

 

 

 

Dia mengatakan, di dalam sebuah hadits sudah dijelaskan bagi siapa saja yang melihat hilal, maka penglihatannya berlaku untuk yang lain. Hadits tersebut berlaku umum terhadap umat muslim di seluruh dunia.

 

 

Sementara fakta lainnya, jelas Mahmud, yaitu bulan yang dilihat di Indonesia sama dengan yang terlihat oleh negara di Timur Tengah. Jikapun ada perbedaan tidak sampai satu hari.

 

 

“Bulan yang kita lihat di Indonesia itu sama dengan yang dilihat di Timur Tengah, hanya beda empat jam saja. Kan tidak sampai setengah hari, apalagi satu hari,” jelasnya.

 

 

Meski menjalankan salat Id lebih awal, Mahmud menyebut jika awal Ramadan tahun ini sama dengan yang ditetapkan Kementerian Agama, yaitu pada 6 Mei 2019.

 

 

“Untuk 1 Ramadan kita bareng karena dunia bareng. Begitu pun untuk 1 Syawal ini kita sama dengan 44 negara di dunia yang juga menetapkannya hari ini, seperti Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, dan sejumlah negara-negara di Eropa dan Afrika,” jelasnya.

 

 

 

Dia memastikan tidak masalah berbeda dengan yang ditetapkan Kementerian Agama. Baginya, perbedaan ini merupakan sebuah proses pembelajaran umat yang selama ini hanya menerima saja.

 

 

“Ini sebenarnya persoalan klasik, tapi nggak masalah, ini proses pembelajaraan umat. Dulu kan gak ngerti, cuma terima saja. Tapi sekarang bisa cari tahu kenapa bisa berbeda,” terang Mahmud.

 

 

Salat Id yang diikuti ratusan jemaah ini berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB. Ratusan jemaah hadir dari berbagai wilayah di Palembang.

 

 

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here