Tips Gaya Hidup Sehat Usai Lebaran

KOEDANEWS – Ramadan telah lewat, begitu juga dengan Lebaran. Kedua momen penting dan istimewa tersebut memiliki gaya yang berbeda untuk dilalui terutama berkaitan dengan kesehatan. Ketika bulan Ramadan, sewaktu berpuasa, menerapkan pola hidup sehat tidak begitu sulit karena pola makan terjaga dengan baik. Sementara ketika Lebaran, kita harus pandai-pandai dalam menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Tanpa kesadaran itu, alih-alih mendapatkan nikmat Lebaran malah menderita gangguan kesehatan.

Nah Sobat Sehat, lalu bagaimana dengan pola atau gaya hidup yang harus kita lakukan setelah kedua momen tersebut lewat? Seperti yang diketahui, kebiasaan terutama dalam hal memilih makanan akan berbeda dengan saat Ramadan, karena kita bisa bebas makan di segala waktu. Yang perlu diperhatikan adalah, setelah perut kita diistirahatkan dan diservis selama satu bulan pada Ramadan kemarin, maka lebih baik jika kita membiasakan untuk menjaga pola makan yang baik untuk tetap menjaga usus dan organ pencernaan lain tetap sehat.

Nah, beberapa tips menjaga gaya hidup sehat ini akan sangat cocok diterapkan setelah momen Ramadan dan Lebaran lewat. Apa saja?

BIJAKSANA DALAM MEMILIH MAKANAN
Ketika Ramadan, asupan makanan bisa terjaga. Nah, setelah Ramadan dan Lebaran sebaiknya pola hidup seperti itu dilanjutkan, dengan bijaksana dalam memilih makanan yang masuk ke tubuh. Pilih makanan yang baik dan ingat bahwa kita bertanggung jawab dengan apa yang kita pilih. Dengan memilih makanan yang baik maka semoga hasilnya juga baik dan memberikan kesehatan pada tubuh kita.

MENGONSUMSI REMPAH-REMPAH
Sebagai wilayah yang dianugrahi kekayaan alam yang melimpah, kita memiliki banyak pilihan untuk bisa menerapkan pola hidup sehat terutama yang berkaitan dengan makanan. Rempah-rempah adalah salah satunya. Bahan ini sangat banyak terdapat di Indonesia dan mudah ditemukan. Olahan rempah-rempah bisa dinikmati dalam berbagai bentuk misalnya diseduh hingga dicampurkan pada olahan makanan. Rempah-rempah memberikan kekayaan rasa pada olahan makanan sehingga bisa mengurangi penggunaan garam, gula, hingga penyedap masakan yang mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya.

Baca Juga :   Jalur Mudik di Lahat Masih Dalam Tahap Perbaikan

MAKANLAH DENGAN SEIMBANG
Membiasakan diri dengan makan secara seimbang juga bisa menjadi gaya hidup sehat yang bisa dilakukan setelah momen Ramadan dan Lebaran usai. Makan dengan seimbang artinya benar-benar memperhatikan kandungan-kandungan gizi yang terdapat pada bahan makanan, sehingga kandungan yang masuk ke tubuh seimbang antara satu dengan yang lainnya.

Nah Sobat Sehat, itulah tiga pola atau gaya hidup sehat yang bisa dilakukan usai momen Ramadan dan Lebaran. Gaya hidup sehat jika dilakukan dengan teratur maka akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Selain menerapkan tiga tips di atas, beberapa hal bisa ditambahkan seperti berolahraga secara teratur sesuai kemampuan sehingga tidak membebani tubuh.

Editor :John.W

makanan ramadhan Rempah Rempah

Related Post

Leave a reply

Loading...