Home Entertainment WeChat dan Alat Mata-mata Pemerintah China

WeChat dan Alat Mata-mata Pemerintah China

KOEDANEWS – WeChat adalah sebuah situs untuk interaksi sosial, sebuah bentuk mata uang, aplikasi kencan, alat untuk tim olahraga dan pembagi berita.

Aplikasi tersebut layaknya Twitter, Facebook, Google Maps, Tinder dan Apple Pay yang semuanya digabung menjadi satu. Tetapi WeChat juga merupakan senjata pengendali sosial untuk pemerintah China yang semakin kuat.

Saya baru saja dikeluarkan dari WeChat (atau Weixin seperti yang dikenal dalam bahasa China).

Dan untuk masuk kembali, saya harus melewati beberapa langkah Orwellian – langkah-langkah yang merusak kesejahteraan masyarakat yang bebas dan terbuka sehingga membuat orang lain mempertanyakan mengapa saya setuju melakukannya.

Salah satu alasannya adalah akan sangat sulit tinggal di Beijing tanpa WeChat.

Yang lain adalah bahwa saya tidak akan dapat menulis ini tanpa mengalami tahapan yang saat ini jelas-jelas membuat foto saya, dan bahkan suara saya, pada semacam database biometrik para pembuat onar.

Saya berada di Hong Kong untuk meliput acara penyalaan lilin yang menandai 30 tahun sejak Tentara Pembebasan Rakyat diperintahkan untuk menembaki rakyatnya sendiri untuk menyingkirkan pemrotes yang sebagian besar mahasiswa, yang berkumpul di dan sekitar Lapangan Tiananmen selama berbulan-bulan pada Juni 1989.

Momen dalam sejarah ini telah dihapus dari wacana publik di daratan China tetapi di Hong Kong, dengan status khususnya, orang-orang berkumpul setiap tahun untuk mengingat kekerasan berdarah itu.

Kali ini jumlah kerumunan sangat besar, dengan perkiraan berkisar hingga 180.000 orang.

Tentu saja saya mengambil foto lautan orang-orang yang memegang lilin dan bernyanyi, dan mengunggahnya di “momen” WeChat saya.

Teman-teman China saya mulai bertanya acara apakah itu? Mengapa orang berkumpul? Di mana itu? Acara itu telah dihilangkan dari daratan China.

Saya menjawab sebagian pertanyaan, agak samar, lalu tiba-tiba saya dikeluarkan dari WeChat.

“Login Anda telah ditolak karena pengecualian akun. Cobalah masuk dan lanjutkan seperti yang diinstruksikan,” muncul pesan di layar.

Lalu, ketika saya muncul, “Pesan ini muncul: “Akun ini diduga akan desas-desus berbahaya dan telah diblokir sementara…”

Tampaknya mengunggah foto peristiwa aktual yang terjadi, tanpa komentar, sama dengan “menyebarkan desas-desus berbahaya” di China.

Saya diberi waktu untuk mencoba dan masuk lagi pada hari berikutnya setelah penalti saya telah selesai.

Ketika saya melakukannya saya harus menekan pernyataan “setuju dan membuka blokir” di bawah alasan yang disebutkan “menyebarkan desas-desus berbahaya”.

Jadi si penyebar desas-desus ini mengklik “setuju”.

Kemudian datanglah tahapan yang saya tidak siap. “Foto wajah diperlukan untuk tujuan keamanan,” katanya.

Saya diperintahkan untuk mengangkat telepon saya – untuk “menghadap kamera depan langsung” – menatap langsung ke gambar kepala manusia. Kemudian diminta untuk “Membaca nomor-nomor di layar dengan keras dalam bahasa Mandarin”.

Suara saya ditangkap oleh aplikasi pada saat yang sama memindai wajah saya.

Setelah itu muncul centang hijau besar: “Disetujui”

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here