Home Headline Tanpa Kartu Indonesia Sehat, Masyarakat Palembang Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan

Tanpa Kartu Indonesia Sehat, Masyarakat Palembang Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan

Jpeg

KORDANEWS – Dalam Kunjungannya untuk bersilahturahmi dan halal bihalal ke Badan Pelayanan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menyampaikan untuk meningkatkan kerjasama antara pemerintah kota dengan BPJS dalam penanganan masyarakat yang sakit.

“Siapa pun yang sakit bagi saya mewakili masyarakat yang ada, saya sebagai Wakil Walikota Palembang mengatakan harus dilayani tanpa memikirkan masyarakat memiliki kartu sehat ataupun tidak,”ungkapnya.

Dikatakannya, telah menginstruksikan kepada Pukesmas melalui Ibu Letizia Kepala Dinas Kesehatan, tidak boleh seorang pun menolak warganya untuk berobat di Puskesmas, walaupun yang bersangkutan tidak memiliki kartu Indonesia sehat.

“Apa yang saya sampaikan ini tidak main-main, untuk jaminan kesehatan pemerintah Kota Palembang sangat serius dan focus dan saya ingin seluruh warga Kota Palembang betul-betul merasa nyaman untuk mendapatkan pelayanan kesehatan” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kalau sampai ternyata dari pukesmas tidak mampu karena misalnya diluar dari kemampuan puskesmas 144 penyakit, pukesmas tidak mampu maka bisa dibawa secara gratis juga untuk diberikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bari. Caranya cukup membawa indentitas seperti KTP atau KK kemudian meminta surat rujukan dari Puskesmas yang menyatakan kalau Puskesmas tersebut tidak mampu untuk mengobatinya dan juga minta surat keterangan dari dinas social, maka akan dilayani di Rumah Sakit Bari karena merupakan rumah sakit dari pemerintah Kota Palembang yang akan dilayani secara gratis.

“Karena target kita ditahun 2019 ini, 95 persen warga masyarakat Kota Palembang wajib harus harus memiliki Kartu Indonesia Sehat, jadi kalau sudah 95 persen maka mau tidak mau yang memiliki kartu KIS ataupun tidak memiliki kartu KIS, bagi saya itu sama saja, harus mendapatkan pelayanan kesehatan” jelasnya.

Dikatakanya, seperti yang disampaikan pak Irwansyah, bahwa ada sekitar 25 ribu lagi kuota yang harusnya, pemeritah kota atau masyarakat Kota Palembang ambil untuk mendapatkan KIS tersebut.

“Saya menghimbau Kepada seluruh masyarakat kota Palembang yang mempunyai keinginan memiliki kartu Indonesia sehat karena tidak mendapatkan jaminan kesehatan dari kantor, karena tidak mampu secara mandiri untuk bekerjasama dengan BPJS, jangan malu jangan ragu uruslah kartu Indonesia sehat karena itu cukup penting jangan sampai sudah sakit dulu terkadang baru diurus, “ungkapnya

“Jangan menunggu sakit dulu baru sibuk-sibuk ngurus BPJS baru ngurus sibuk-sibuk bayar tunggakan dan sebagainya. Ya silakan saja yang mempunyai tunggakan BPJS selesaikan dengan baik akan tetapi bagi kami pemerintah Kota Palembang Kami tetap akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kota Palembang khususnya pelayanan kesehatan” pungkasnya. (eh)

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here