Kemarau, Hutan di Bukit Tanjung Mulak Lahat Terbakar

 

 

KORDANEWS – Musim kemarau yang sudah memasuki hampir dua bulan lebih ini, sangat dicemaskan oleh masyarakat, khususnya daerah Kabupaten Lahat. Karena sumur-sumur semenjak kemarau sudah mulai menyusut ada pula yang sudah sampai kekeringan. Apalagi mayoritas penduduk kabupaten lahat sebagian besar adalah petani, sudah pasti di musim kemarau seperti sekarang ini, lahan dan tanaman sudah sangat kekeringan. Lebih cemas lagi kalau daun-daun dan ranting pohon yang mengering tersebut tersulut api, Seperti di bukit batu Desa Tanjung Mulak Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Bukit batu yang penuh dengan semak belukar di atas jalan raya Lahat – Pagaralam ini, sangatlah rawan terbakar jika musim kemarau. Karena lahan bebatuan ini ditumbuhi ilalang dan tetumbuhan kecil yang mudah terbakar. Beruntung api cepat dipadamkan, sehingga kebakaran hutan dan lahan tidak melebar ke lahan perkebunan warga.

Pernyataan tersebut disampaikan Camat Pulau Pinang Ibu Darmi Valentina. BA, saat diwawancarai di lokasi kebakaran. Dijelaskan oleh camat, bahwa kedatangannya ke lokasi kebakaran karena melihat mobil pemadam kebakaran (Damkar) lewat, untuk memadamkan api di bukit batu Tanjung Mulak.

 

“Kita dapat kabar dari telpon, katanya ada lahan kebakaran di daerah tanjung mulak, dan langsung kita menuju ke lokasi, kita lihat mobil damkar sedang memadamkan api,” kata camat.

asal-usul api, pihaknya belum mengetahui secara pasti, dari mana datangnya api. Namun ia sangat berharap pada masyarakat di musim kemarau seperti ini janganlah melakukan pembakaran lahan, meskipun lahan tersebut milik petani yang ingin membuka lahan baru. Ia bersama unsur TRIPIKA Pulau Pinang selalu menghimbau di setiap ada pertemuan dengan masyarakat, agar berhati-hati dengan api disaat musim kemarau seperti ini.

Baca Juga :   Baru Diresmikan, Rumah Sakit Hewan Sumsel, Bakal Berikan Vaksin Gratis Bagi Pemilik Hewan

“Kebakaran ini mungkin sengaja dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab, yang tak memikirkan bagaimana dampaknya,” jelasnya.

 

Editor : Chandra.

kebakaran lahat sumsel

Related Post

Leave a reply

Loading...