Home Sport Kampanyekan Moda Ramah Lingkungan, Herman Deru Gowes Sepeda Keliling Palembang

Kampanyekan Moda Ramah Lingkungan, Herman Deru Gowes Sepeda Keliling Palembang

KORDANEWS – Ribuan peserta ambil bagian dalam Gowes Literasi Sumatera Selatan (Sumsel) yang digelar Harian Umum Palembang Pos, Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel dan Gerakan Sumsel Maju. Gowes Literasi kali ini dilepas oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru dengan mengambil Start di halaman istana Gubernur, Griya Agung Palembang, Minggu (8/9) pagi.

 

Gubernur H. Herman Deru bersama sang istri Hj. Febrita Lustia juga tidak ketinggalan berboncengan mengayuh sepeda dengan kompak berada di barisan paling depan mulai dari garis start hingga finish dihalaman Griya Agung. Tampak ikut dalam rombongan peserta gowes Duta Literasi Provinsi Sumsel Hj. Percha Leanpuri, Ketua Gerakan Sumsel Maju Rizki Buchori serta para pejabat dilingkungan Pemprov Sumsel lainnya.

 

Adapun rutenya jalan yang dilalui yakni, start Griya Agung-Jalan Angkatan 45-Jalan Jendral Sudirman- Jalan Merdeka-Jalan Kapten A. Rivai-Jalan Pom IX dab kembali Finish di Griya Agung.

“Pagi ini kita berkumpul di halaman Griya Agung, diramaikan para Goweser guna mensosialisasikan pentingnya literasi dan aktivitas membaca,” ucap Gubernur H. Herman Deru dalam sambutan singkatnya sesaat sebelum start dimulai.

Gubernur berharap melalui kegiatan ini tidak hanya bermaanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan dan semangat dalam membangun Sumsel. Di samping itu gowes ini juga diharapkan dapat menjadi ajang sosialisasi atau kampanye penggunaan moda transportasi ramah lingkungan.

“Melalui kegiatan ini, Saya mengajak masyarakat Sumatera Selatan untuk gemar menggunakan moda transportasi ramah lingkungan salah satunya dengan bersepeda,” ujar Bupati Oku Timur Dua Periode ini.

Sementara itu, Duta Literasi Provinsi Sumsel Hj. Percha Leanpuri dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada para goweser yang sudah hadir dan memeriahkan kegiatan tersebut.

“Saya ingin warga Sumsel gemar membaca. Karena itu kita akan sediakan perpustakaan mini dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” tandasaya sembari menyebutkan selain senam bersama, kegiatan gowes literasi yang pertama kali di gelar di Sumsel ini juga diisi dengan Lomba Karya Tulis Puisi dan Cerpen antar Pelajar SMA se-Sumsel dengan memperebutkan hadiah menarik seperti Sepeda dan sejumlah alat elektronik lainnya.

Menurut Rizki Buchori selaku Ketua Gerakan Sumsel Maju Provinsi Sumsel yang mengatakan bahwa Gubernur Sumsel beserta Duta Literasi Sumsel sangat konsen akan kecerdasan ataupun intelektual dari masyarakat oleh sebab itu kedepannya Sumsel akan memiliki Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan baru yang akan didirikan di jantung Kota Palembang serta 100 pojok baca Se-Sumatera Selatan.

 

“Alhamdulillah acara berjalan sesuai rencana dan harapan kedepan kita setelah launcing sumsel cerdas sumsel membaca kedepannya Dinas Perpustakaan akan mempunyai tugas serta program-program yang lebih mengena kemasyarakat yang dimana salah satunya akan didirikan 100 pojok baca sesumatera selatan serta ada perpustakan baru di jantung Kota Palembang yang akan menjadi salah satu icon untuk Sumatera Selatan yang dimana Gubernur dan Duta Literasinya sangat konsen akan kecerdasan ataupun intelektual dari masyarakat.” Ujarnya.

 

Editor : Chandra.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here