Home Headline Hati-hati, 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Disemprot Parfum

Hati-hati, 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Disemprot Parfum

KORDANEWS – Memakai parfum bisa jadi tameng untuk mengurangi bau badan dan membuat Anda lebih percaya diri. Meski sudah umum, banyak orang yang masih salah menyemprotkan parfum ke tubuh. Sebenarnya, bagian tubuh mana saja yang tak boleh disemprotkan wewangian? Yuk, simak jawabannya berikut.

Hindari menyemprotkan parfum ke area tubuh ini
Jika Anda ingin menggunakan parfum, pastikan Anda memakainya dengan benar supaya tidak terjadi masalah pada tubuh. Pasalnya, parfum mengandung berbagai bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit.

Supaya Anda dapat menggunakan parfum dan terhindar dari masalah, hindari menyemprotkan parfum langsung ke area tubuh berikut.

1. Ketiak
Anda adalah salah satu yang sering menyemprotkan parfum ke bagian tubuh ini? Ya, area ini memang paling sering dijadikan sasaran untuk disemprotkan wewangian. Alasannya, karena bau badan biasanya muncul di area ketiak.

Ketiak memiliki kelenjar keringat apokrin yang menghasilkan minyak. Saat minyak dipecah oleh bakteri, bau badan akan menguar dari ketiak Anda. Meskipun bagian ini yang rentan menguarkan bau, bagian ini sebenarnya tidak boleh disemprotkan wewangian karena berisiko menyebabkan iritasi, seperti gatal disertai sensasi panas.

2. Mata
Mata Anda sangat sensitif. Jangankan parfum, kemasukan air saat mandi saat bisa membuat mata Anda perih dan kemerahan. Apalagi jika terkena parfum, yang biasanya mengandung alkohol.

Parfum beralkohol yang mengenai mata bisa menyebabkan mata Anda iritasi. Mata akan terasa panas menyengat sehingga membuat Anda susah untuk membuka mata sepenuhnya.

Anda tentu tahu bahwa menyemprotkan parfum ke area tubuh ini tidak boleh dilakukan. Kemungkinan besar, parfum yang mengenai mata adalah ketidaksengajaan. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan parfum.

3. Organ intim
Selain ketiak, area organ intim Anda juga mudah berkeringat dan mengeluarkan bau. Meski begitu, Anda tetap tak boleh menyemprotkan parfum ke area tersebut. Sebaliknya, Anda lebih baik mengganti celana dalam dan luarannya agar tetap bersih dan bebas bau.

Menyemprotkan parfum ke area tubuh tersebut, bisa menyebabkan kulit di sekitar vagina kering. Bahan kimia yang dari parfum juga bisa merusak keseimbangan jamur atau bakteri di sekitar vagina sehingga meningkatkan risiko infeksi.

4. Tangan
Selain ketiak, area tangan juga sering kali disemprotkan wewangian. Terutama ketika Anda mencoba parfum yang dijual di toko-toko terbuka. Meski sebagian besar parfum aman, risiko iritasi tetap ada. Terutama pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Menyemprotkan parfum mengandung alkohol ke area tubuh ini, bisa menyebabkan kulit kering bila digunakan dalam jangka panjang.

5. Rambut
Memiliki rambut yang harum pasti membuat Anda lebih percaya diri dalam beraktivitas. Namun, jangan sampai Anda menyemprotkan parfum ke rambut.

Meski mengharumkan, paparan bahan kimia pada parfum tidak digunakan untuk mengharumkan rambut. Bahan kimia tersebut bersifat lebih keras sehingga bisa membuat rambut kering dan pecah.

Lebih baik Anda menggunakan sampo dan pelembap rambut (conditioner) yang memang diformulasikan untuk rambut.

Jadi, bagaimana menyemprotkan parfum yang aman?
Untuk menghindari masalah, Anda sebaiknya tidak menyemprotkan parfum ke tubuh. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan parfum sama sekali. Sebaiknya, Anda menyemprotkan minyak wangi langsung ke pakaian. Dengan begitu, masalah kulit kering atau iritasi bisa dihindari.

Menghindari badan bau tidak harus selalu pakai minyak wangi. Anda bisa menggunakan antiperspirant pada area yang sering berkeringat, mencuci baju dengan bersih, dan memakai pakaian yang kering.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here