Gubernur Sumsel Tak Berani Kaitkan Penemuan Harta Karun Dengan Kerajaan Sriwijaya

KORDANEWS — Terkait bermuculan harta karun di lokasi bekas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel).

 

 

Bahkan penemuan harta karun tersebut dikaitkan dengan peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya. Namun Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) belum berani mengklaim penemuan benda berharga dan bernilai itu sebagai bekas peninggalan kerajaan Sriwijaya.

 

 

Menurutnya, yang berhak mengklaim hal itu adalah ahli dalam bidang kesejarahan dan kebudayaan, untuk itu pihaknya segera mendiskusikan soal temuan itu terlebih dulu.

 

 

“Kita tak berani mempersepsikan sendiri, membuat asumsi sendiri, masalah itu peninggalan tahun berapa, era kerajaan siapa. Yang pasti itu identitas Sriwijaya,” kata dia.

 

 

Dia pun menambahkan, jika penemuan benda sejarah itu sebaiknya diserahkan kepada pihak terkait yang lebih berwewenang. Menurutnya, dengan begitu bisa dikembangkan guna mencari tahu asalnya.

 

 

Bukan itu saja, pihaknya juga berharap benda tersebut tidak terbawa hingga ke luar negeri lantaran Indonesia memiliki undang-undang yang mengatur mengenai benda-benda sejarah.

 

 

 

“Ya, kita bedakan kolektor dan orang bekerja. Selama tidak untuk diperjual belikan, di bawa ke tempat asing, tentu kita mengacu pada undang-undang kita mengenai benda sejarah,” tuturnya. (Ab)

 

 

 

 

 

Editor : Jhonny

gubernur sumsel Herman deru Kerajaan Sriwijaya Penemuan Harta Karun

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...