Fahri Hamzah Disusulkan Menjadi Menteri Sekretariat Negara, di Kabinet Jokowi-Ma’aruf

KORDANEWS — Nama mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah digadang-gadang sebagai calon yang tepat menggantikan Moeldoko. Fahri dinilai sosok yang tepat menggawangi posisi tersebut apalagi selama ini sosoknya terkenal kritis kepada siapapun.

“Saran saya Pak @jokowi ambil bang @Fahrihamzah sebagai pembantu Presiden, sebagai Kepala KSP misalnya,” ujar Dahnil Anzar Simanjuntak, mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, melalui akun resminya, Rabu (9/10).

Keberadaan Fahri di KSP akan menjadi penyeimbang dan juga membuat mereka yang berada di luar pemerintahan berpikir beberapa kali untuk mengkritisi presiden karena ada lawan debat yang berkualitas.

“Minimal yang diluar pemerintah punya lawan berpikir, lawan berdebat yang berkualitas dan kepresidenan bisa terbantu membangun percakapan dan dialog berkualitas di internal,” tuturnya.

Mantan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu kini selepas dari jabatan Wakil Ketua DPR RI mengaku ingin istirahat terlebih dulu.

Sebelumnya, pria kelahiran 10 November 1971 ini telah menjabat sebagai anggota DPR sangat lama, selama 15 tahun atau tiga periode. Tentu butuh perjuangan yang tidak sedikit untuk mempertahankan posisi di DPR hingga menduduki Wakil Ketua DPR. Bekal yang cukup bagi Fahri untuk menduduki posisi apapun selepas dari DPR, termasuk KSP.

Apalagi, lelaki asli Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, semasa mahasiswa juga aktivis 98 yang tidak asing dengan dunia demonstrasi dan aksi lapangan. Ia juga memiliki peran besar membidangi kelahiran Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini juga banyak terlibat dalam kegiatan akademis dan kecendekiawanan. Selain sempat menjabat sebagai salah satu pimpinan di Jurusan Ekonomi Ekstensi UI, Fahri juga pernah aktif sebagai Ketua Departemen Pengembangan Cendekiawan Muda Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Pusat. Sementara di DPR RI, Fahri menempati beberapa bidang komisi, mulai dari komisi VI, komisi III hingga komisi VII. Kemudian pada pemilu tahun 2014, ia terpilih kembali menjadi anggota DPR dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019.

Baca Juga :   Tak Ditunjuk Pimpinan DPR, Fadli Zon Yakini Masuk Kabinet Jokowi-Ma'aruf

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo sebentar lagi dilantik untuk jabatan kedua pada 20 Oktober 2019 nanti. Jokowi juga akan memilih orang-orang yang membantunya menjalankan roda pemerintahan agar lebih baik kedepan, termasuk juga Kepala Staf Kepresidenan yang saat ini dipegang Moeldoko. (net)

Editor : Jhonny

Fahri Hamzah Kabinet Jokowi-Ma'aruf KSP Moeldoko

Related Post

Leave a reply

Loading...