Belum Difungsionalkan, Pengendara Diimbau Tak Melintasi Tol kayu Agung-Palembang

 

KORDANEWS – Para pengendara yang hendak melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung- Palembang harus kecele. Pasalnya, Waskita Karya selaku kontraktor tol melarang para pengendara melewati jalan tol lantaran belum disfungsionalkan.

Kepala Proyek Seksi Satu Tol Palembang-Kayuagung, Gunawan mengatakan meski jalan tol ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang- Kayu Agung (Terpeka) sudah diresmikan beberapa waktu lalu, namun untuk ruas Kayu Agung – Palembang belum bisa dilintasi pengendara.

Kendati demikian, masih banyak masyarakat bandel tetap melintas di tol Kayu Agung- Palembang. Bahkan, para pengendara nekat membongkar paksa pembatas untuk melewati jalan bebas hambatan tersebut.

“Pasca peresmian kemarin banyak yang melintas. Mereka mengira Kayu Agung- Palembang juga sudah fungsional padahal belum,” ujarnya, Rabu (20/11).

Ia menjelaskan, tol Kapalbetung dari ruas Palembang-Kayu Agung belum boleh dilintasi masyarakat umum karena masih membahayakan. Dalam masa konstruksi ini dikhawatirkan bakal terjadi insiden di jalan.

Apalagi untuk saat ini fasilitas pendukung seperti rest area, exit tol, mobil patroli, derek dan perlengkapan lainnya juga belum tersedia.

“Kami imbau masyarakat mengerti ini masih masa konstruksi, kalau masih tetap nekat khawatir terjadi insiden di jalan. Apalagi perlengkapan pendukung belum siap,” jelas Gunawan.

Gunawan mengungkapkan, secara keseluruhan progres fisiki tol Kayu Agung- Palembang sudah memasuki tahapan hampir 100 persen. Hanya saja pihaknya saat ini masih menunggu uji laik fungsional dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

Pada akhir tahun libur natal dan tahun baru mendatang tol akan mulai difungsionalkan untuk membantu mengurai padatnya kendaraan di musim liburan.

Dalam masa fungsional nantinya masyarakat yang hendak melintas tidak akan dipungut biaya alias gratis. Setelah fungsional, jalan tol tersebut baru memasuki tahapan uji layak operasi dan akan ditetapkan tarif masuk tol.

“Dalam minggu ini akan uji layak fungsional, semoga di ACC. Yang pasti libur natal dan tahun baru akan kita fungsionalkan. Kami harap masyarakan agar bersabar,” katanya.

Editor : Chandra.

Kayu agung sumsel Tol kapalbetung

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...