Tanda Awal Kanker Serviks yang Sering Diabaikan Wanita

KORDANEWS – Selain kanker payudara, salah satu penyakit yang sering mengenai wanita dan sangat berisiko sebabkan kematian adalah kanker serviks. Kanker yang muncul di leher rahim ini bisa memburuk dan menyebar ke beberapa organ di sekitarnya. Sejauh ini para wanita masih tidak tahu apa saja tanda awal kanker serviks.

Sayangnya untuk mengetahui ada atau tidaknya kanker serviks itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Tanda dari kanker serviks sering sama dengan kondisi gangguan vagina yang umum. Karena sering dianggap sebagai penyakit biasa, kanker tidak segera ditangani dan menyebabkan masalah yang besar.

Nah, agar wanita bisa terhindar dari penyakit mematikan ini, kenali tanda awal kanker serviks di bawah ini:

Perdarahan abnormal
Perdarahan pada vagina memang bisa terjadi karena menstruasi atau karena ada implantasi janin. Di luar dua hal ini, perdarahan akan dikatakan abnormal karena merupakan tanda penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang menyebabkan kondisi ini adalah endometriosis dan kanker serviks.

Kalau vagina sering mengeluarkan bercak darah padahal sedang tidak mengalami menstruasi atau hamil, sebaiknya waspada karna bisa saja ini adalah tanda awal kanker serviks. Segera lakukan pemeriksaan agar tahu ada atau tidaknya gangguan di area serviks dan juga lapisan dari vagina. Kalau ada gangguan, penanganan harus segera dilakukan.

Keluarnya cairan vagina yang tidak normal
Sebelum memasuki masa subur, vagina sering mengeluarkan cairan berwarna putih dan tidak memiliki bau. Cairan ini merupakan salah satu tanda kematangan sel telur dan mempersiapkan pembuahan. Kalau cairan yang keluar justru berbau dan agak menggumpal serta warnanya kecokelatan, vagina sedang ada gangguan.

Munculnya carian warna coklat dengan bau busuk atau cairan menggumpal dengan warna agak kehijauan merupakan tanda ada infeksi. Kemungkinan ada penyakit menular seksual, keputihan patogen, atau tanda awal kanker serviks yang mulai tumbuh dan menyebar ke organ di sekitarnya.

Perut bagian bawah sering nyeri
Wanita memang kerap mengalami sakit di perut bagian bawahnya. Rasa sakit ini sering muncul saat wanita mendekati waktu menstruasi. Rasa sakit akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Kalau pada bagian perut bawah tetap terasa sakit padahal tidak sedang menstruasi, gangguan sedang terjadi pada vagina dalam.

Rasa sakit ini bisa muncul karena endometriosis, kanker serviks, mioma, hingga kista. Kalau rasa sakit semakin intens dan sering tidak bisa diatasi, segera lakukan pemeriksaan. Meski setelah pemeriksaan tidak ada kanker serviks, Anda juga harus mengatasi penyakit lain yang tidak kalah berbahaya.

Mengalami kutil kelamin
Wanita yang memiliki kutil kelamin pada vaginanya lebih berisiko terkena gangguan pada serviksnya. Seperti yang kita tahu, kutil kelamin dibawa oleh virus HPV. Nah, virus ini terdiri dari beberapa strain yang beberapa di antaranya bisa memicu munculnya kanker serviks pada wanita.

Kalau Anda sudah mendapati adanya kutil kemaluan segera lakukan pengobatan dan pemeriksaan pap smear. Dengan pemeriksaan ini akan diketahui dengan jelas ada atau tidaknya sel kanker di area serviks.

Sering sakit saat melakukan seks
Tanda awal kanker serviks yang terakhir adalah rasa sakit yang terus terjadi pada saat melakukan seks. Sebenarnya rasa sakit saat seks bisa diatasi dengan menambahkan pelumas. Namun, pada kondisi kanker serviks, pelumas tidak membantu dan rasa sakit tetap muncul dengan cukup intens.

Kalau seks yang dilakukan terus menyebabkan rasa sakit, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan. Dengan melakukan pemeriksaan Anda akan tahu kondisi serviks dengan jelas.

Editor : John.W

Kanker Serviks tanda virus

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...